Rawat Hardware Laptop dengan Disk Cleanup

Disk Cleanup adalah salah satu tool yang disediakan oleh sistem operasi windows untuk membantu membersihkan junk file dalam hard disk pc/laptop. Disk Cleanup ini adalah salah satu tool penting yang harus dijadwalkan untuk kesehatan hardware pc/laptop kita.

Disk Cleanup ini lebih dikhususkan untuk menghapus secara permanent file yang sebenarnya memang tidak kita perlukan. Dengan menjalankan tool ini, diharapkan bisa memberi ruang bebas pada hard disk kita, agar supaya kinerja pc/laptop kita menjadi maksimal (baca: lemot)

Cara Merawat Hardisk Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Disk Cleanup ini adalah salah satu alternatif jika pc/laptop kita terasa berat saat booting atau saat kita pergunakan. Untuk membuka tool ini yaitu dengan masuk ke explorer => klik kanak local disk => propertis, maka akan masuk ke local disk propertis.

Langkah Pertama Buka Explorer
Untuk langkah pertama adalah dengan membuka explorer pada laptop atau pun pc Anda dengan klik simbol windows atau dengan pencet tombol icon windows disertai dengan E pada keyboard, maka akan masuk dalam explorer. lalu cari hardisk mana yang akan dibersihkan dengan disk cleanup.

Sebagai contohnya akan membersihkan file yang ada di C:\\, jadi yang harus Anda lakukan adalah klik kanan pada file C:\\ kemudian klik propertis.
Cara Merawat Harddisk Agar Tetap Awet

Langkah Kedua Disk Cleanup
Setelah masuk local disk propertis, klik tombol yang bertuliskan disk cleanup seperti gambar yang sudah dilampirkan dibawah ini.
langkah langkah perawatan hardisk

Langkah Ketiga Centang Semua File yang Sudah Tidak Penting
Untuk langkah terakhir adalah mencentang semua file yang ada di disk cleanup.
cara menggunakan disk clean up
Jika setelah kita coba untuk menjalankan tool ini, pc/laptop masih sama saja. Ada indikasi lain yang mungkin menjadi penyebab pc/laptop berjalan lamban.

Bisa jadi sistem operasi yang tidak sesuai dengan spek pc/laptop, RAM yang terlalu kecil ukurannya, atau bisa jadi ada hardware yang rusak. Jika sudah terjadi seperti ini, maka saran saya untuk segera dibawa ke servis center pc/laptop.

Demikian pembahasan mengenai rawat hadware laptop dengan disk clean up. Jika ada kalimat yang kurang dimengerti atau belum paham bisa meninggalkan komentar di bawah. semoga bermanfaat!

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Rawat Hardware Laptop dengan Disk Cleanup"