Cara Tradisional Mengurangi Bau Badan

Masalah bau badan sering kali membuat orang menjadi tidak percaya diri, dan setiap orang memiliki bau badan yang tidak sama, hal ini bisa diakibatkan karena pola makan setiap orang yang berbeda. Penyebab bau badan bisa disebabkan oleh asam propanoat yang dihasilan uraian keringat oleh propionibacteria yang merupakan salah satu jenis bakteri yang hidup disaluran kelenjar sabase manusia.

Selain itu juga bisa disebabkan oleh asam isovalerik yang merupakan asam yang dihasilkan bakteri staphylococcus epidermis yang menyebarkan bau badan seperti bau keju. Sedangkan dari segi makanan dan minuman, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa menyebabkan bau badan, seperti bawang putih, alkohol, daging, kedelai, dan bayam.
Cara Tradisional Mengurangi Bau Badan
Cewek Bau Badan
Untuk menghilangkan masalah bau badan, mulai saat ini anda bisa mencoba cara tradisional yang dijamin manjur untuk menghilangkan masalah bau badan, seperti berikut:

1. Daun Sirih

Di Indonesia, daun yang memiliki nama latin Piper Betle ini dikenal sebagai daun sirih. Daun sirih ini punya banyak sekali manfaat buat manusia seperti membersihkan mata, memperlancar haid, mengobati luka bakar, dan juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan.

Cara pemanfaatannya sendiri yaitu dengan merebur lima lembar daun sirih dengan dua gelas air putih. Tunggu hingga sekiranya tinggal satu gelas, baru kemudian ambil rebusan daun sirih tadi dan campur sedikit kapur sirih lalu kemudian baru dioleskan pada ketiak.

2. Daun Beluntas

Daun beluntas atau dalam bahasa latinnya Plucea Indica adalah sebuah tanaman yang memiliki cabang banyak dengan daun tunggal. Tanaman ini sering digunakan sebagai pagar hidup karena susunan cabangnya rapat dan sering digunakan sebagai pembatas diperkebunan.

Daun beluntas juga memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sebagai obat batuk, obat menurunkan panas, dan bisa juga digunakan untuk menghilangkan bau badan.

Cara pemanfaatanya sendiri yaitu dengan cara merebus segenggam daun beluntas dengan dua gelas air putih. Tunggu sampai air menjadi satu gelas, baru setelah itu minum setiap pagi dan malam. Atau bisa juga dengan cara memakan daun yang masih segar sebagai lalap makanan.

3. Daun Kemangi

Daun kemangi bisa disebut juga sebagai Ocimum Basilicum ini merupakan sebuah tumbuhan yang memiliki aroma. Di Indonesia sendiri, daun ini sering digunakan untuk lalap makanan.

Daun kemangi sendiri bisa digunakan untuk meredakan demam dan masuk angin, menambah napsu makan, meredakan radang sendi, dan kandungan zat dalam daun kemangi ini bisa memberantas bakteri penyebab bau badan.

Cara pemanfaatannya bisa dengan memakannya secara langsung sebagai pelengkap makanan.

4. Jahe

Tanaman yang sering digunakan sebagai obat tradisional ini juga cukup efektif untuk menghilangkan bau badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe mengandung zat antitumor, antiviral, dan antiinflamasi, serta antijamur dan antibakteri. Kandungan zat antibakteri inilah yang bisa digunakan untuk menghilangkan masalah bau badan.

5. Temulawak

Temulawak adalah salah satu tanaman yang dikenal luas di Indonesia sebagai apotek hidup oleh masyarakat. Tanaman ini mengandung minyak asiri, sapoinin, dan flavoinoida yang bermanfaat untuk menyegarkan tubuh, menghilangkan jerawat, dan juga menghilangkan masalah bau badan.

Cara pemanfaatannya sendiri adalah dengan merebus potongan temulawak yang sudah dicucibersih dan dikuliti. Tunggu sampai menjadi setengah gelas, dinginkan baru kemudian minum ramuan tersebut.

6. Jeruk Nipis

Di Amerika Serikat, buah ini pernah diteliti oleh Ohio State Biotecghnology Center. Dari hasil penelitian tersebut didapat bahwa jeruk nipis banyak mengandung vitamin c dan sejumlah mineral yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Jeruk nipis ini oleh masyarakat Indonesia telah dipercaya sebagai obat tradisional pembasmi batuk, menghilangkan bau amis sewaktu mencuci piring, dan juga membersihkan barang yang berasal dari logam kuningan. Dan ternyata jeruk nipis ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan.

Cara pemanfaatannya sendiri yaitu dengan memeras dua atau tiga buah jeruk nipis kedalam wadah gelas. Tambahkan sedikit kapur sirih, aduk rata. Dan setelah itu baru oleskan pada ketiak untuk menghilangkan bau badan.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Cara Tradisional Mengurangi Bau Badan"