Efek dan Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh Manusia

Setiap manusia tentunya membutuhkan air minum untuk kelangsungan hidupya, karena air merupakan komponen terbesar yang ada dalam tubuh manusia. Hampir dari 80 persen tubuh manusia dewasa terdiri dari air, maka dari itu air sangatlah penting untuk kehidupan manusia. Jika manusia sampai kekurangan air, maka bisa mengakibatkan konsentrasi berkurang, masalah pada ginjal, kulit menjadi kusam, dan masih banyak yang lain.
Efek dan Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh Manusia
Cewek Minum Air Putih
Air juga merupakan zat gizi penting bagi kesehatan tubuh kerena berperan pengting sebagai katalisator, pelarut, pangatur suhu tubuhm, pelumas, dan juga sebagai penyedia mineral dan elektrolit bagi tubuh. Setiap manusia juga mempunyai kebutuhan air yang berbeda, tergantung dengan ukuran tubuh sesorang tersebut.

Menurut Profesor Hiromi Shinya MD, seorang pakar enzim yang juga sebagai guru besar kedokteran di  Albert Einstein College of Medicine AS mengatakan bahwa meski kebutuhan air setiap orang berbeda, tetapi usahakan untuk mendapatkan pasokan air 1,5-2 liter atau sekitar 6-8 gelas perhari.

Efek Kurang Minum Air Putih

Selain beberapa akibat pada konsentrasi otak, masalah ginjal, dan kulit, ada beberapa efek buruk jika manusia kurang minum air.

1. Mengalami Dehidrasi. Hal ini diakibatkan karena asupan air terlalu minim, sehingga bisa mengakibatkan masalah seperti lelah, merasa haus, sakit kepala, tenggorokan kering, air kencing pekat, badan panas, mengalami halusinasi, bahkan bisa menyebabkan kematian.

2. Rentan Infeksi Kandung Kemih. Jika manusia kurang minum air, maka bakteri yang ada dalam kandung kemih tidak bisa keluar, hal ini bisa mengakibatkan kandung kemih terkena infeksi. Gejalanya sendiri seperti suhu badan yang tiba-tiba meningkat, terjadi nyeri saat buang air kecil, merasakan nyeri tekan diatas tulang kemaluan, urine yang keluar bercampur darah, dan memiliki perasaan ingin buang air kecil yang tidak dapat ditahan.

3. Sel Otak Tidak Aktif. Ketika pasokan air dalam tubuh, maka cairan dalam otak ikut menurun, hal ini bisa mengakibatkan asupan oksigen menjadi tidak normal yang mengakibatkan sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang.

4. Sarang Racun. Racun yang seharusnya dikeluarkan dalam bentuk urine ataupun keringan tidak bisa keluar karena kekurangan air, siap-siap untuk berternak racun.

Manfaat Minum Air Putih Setiap Hari

Adapun manfaat daripada meminum air setiap hari adalah sebagai berikut.

1. Awet Muda. Semakin banyak mengkonsumsi air setiap hari (8 gelas perhari), maka sangat efektif untuk mengeluarkan dan membuang racun yang berada didarah melalui keringan ataupun urine. Dengan semakin berkurangnya racun dalam tubuh, maka dapat dipastikan manusia akan menjadi awet muda.

2. Jaga berat badan. Siapa sangka dengan mengkonsumsi air bisa menjaga kestabilan berat badan manusia.

3. Organ Tubuh Sehat. Sudah dapat dipastikan bahwa dengan mengkonsumsi air putih setiap hari, maka organ dalam tubuh seperti ginjal menjadi sehat.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Efek dan Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh Manusia"