Makanan Sehat Ibu Hamil

Ketika seorang wanita memasuki masa kehamilannya maka akan menumbuhkan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya. Makanan sehat ibu hamil sangat diperlukan untuk pertumbuhan janin dan kesehatan sang ibu. Bayi dalam kandungan membutuhkan asupan gizi yang banyak, hal ini disebabkan karena perkembangan pada bayi tidak hanya fokus pada perkembangan fisik semata, namun bahkan perkembangan otak telah terbentuk sejak dalam kandungan. Meskipun membutuhkan banyak makan, bukan berarti ibu hamil makan apa saja hingga membuat badannya kegemukan. Karena kegemukan pada ibu hamil justru malah akan menimbulkan masalah yang lain.

Makanan Sehat Ibu Hamil

Atur Asupan Gizi Ibu Hamil

Makanan banyak yang dikonsumsi oleh ibu hamil belum tentu memberikan gizi yang cukup. Namun karena ibu hamil menanggung makan dua orang sekaligus, maka sangat penting untuk mengetahui apa saja makanan sehat ibu hamil yang berkualitas.

1. Telur

Kalori yang terdapat dalam satu telur sekitar 90 kalori, memiliki lebih dari 12 vitamin, mineral dan memiliki banyak kandungan protein yang berkualitas tinggi. Selain itu telur juga kaya akan kolin, yang berfungsi sebagai pendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak dan juga dapat membantu mencegah terjadinya cacat tabung saraf, dan kandungan lemak omega-3-nya sangat penting bagi otak dan perkembangan mata. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, dilaporkan sering terjadi alergi.

2. Ikan salmon

Ikan memiliki kandungan protein dengan kualitas tinggi dan juga menjadi sumber omega-3 lemak. Ini merupakan salah satu makanan sehat ibu hamil yang sangat direkomendasikan oleh para ahli gizi. Karena kandungan merkuri pada ikan sangat berbahaya untuk gizi ibu hamil, maka di sarankan untuk mengkonsumsi sekitar 12 ons saja perminggu agar bahaya merkuri tidak menimpa ibu hamil.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang disarankan oleh para ahli gizi. Karena ibu hamil bisa mendapatkan protein nabati dari semua jenis kacang ini, kandungan seratnya dapat membantu ibu hamil mengatasi konstipasi selama kehamilan yang biasa terjadi. Masalah konstipasi dan wasir biasa dialami oleh ibu hamil, karenanya makanan sehat ibu hamil yang satu ini bisa menjadi makanan yang dapat menolong hal ini.

4. Jagung dan biji lainnya

Jagung, gandum serta biji-bijian lainnya memiliki kandungan serat tinggi dan nutrisi. Tidak hanya itu, vitamin E, selenium dan fitonutrien senyawa ini berguna untuk melindungi sel-sel. Kandungan oatmeal dan gandum pada roti bisa menjadi pengganti makanan berat ibu hamil tidak bisa mengkonsumsi nasi.

5. Ubi jalar

Ubi jalar degan warna oranye terdiri dari karotenoid, pigmen ini akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Jadi akan sangat membantu kesehatan mata ibu dan si janin. Karena kandungannya inilah maka ubi jalar menjadi salah satu Makanan sehat ibu hamil. Ubi jalar juga mengandung folat dan serat selain sebagai sumber Vitamin C.

6. Sayuran berwarna hijau tua dan buah-buahan

Bayam, kangkung ceisin dan semua sayuran yang berwarna hijau tua sangat baik bagi ibu hamil. Karena sayuran mengandung banyak Vitamin A, C dan K, mengandung nutrisi dan folat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kesehatan mata juga sangat dipengaruhi oleh sayur-mayur yang kita konsumsi, dan juga beberapa kandungan vitamin dalam buah.
Makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi ibu hamil

Meski ibu hamil sangat baik jika mengkonsumsi banyak makanan sehat ibu hamil, namun tidak semua makanan baik untuk dimakan. Makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi itu antara lain daging setengah matang, keju, alkohol, rokok, ikan dengan kandungan merkuri tinggi, telur setengah matang, telur mentah dan juga kafein. Makanan ini semua dapat menyebabkan cacat pada janin, bahkan keguguran pada ibu hamil.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Makanan Sehat Ibu Hamil"