Cara Baik Menjaga Kesehatan Wanita saat Datang Bulan

Remaja putri mulai mengalami datang bulan (menstruasi) setiap bulannya. Ketika ini terjadi maka sangat membutuhkan perhatian ekstra pada kebersihan tubuh khususnya pada daerah kewanitaan. Terkadang kondisi badan bisa melemah atau bisa sangat enerjik pada kondisi tertentu. Cara baik menjaga kesehatan wanita saat datang bulan sangat penting untuk diketahui dan dipelajari oleh semua wanita. Karena kesehatan merupakan modal awal dalam kelangsungan hidup, untuk terus beraktivitas, berinovasi dan selalu berkreasi. Kesehatan diri dan lingkungan yang sebelumnya dikerjakan oleh ibu, kini mulai menjadi tanggung jawab wanita yang telah mengalami datang bulang.

Cara Baik Menjaga Kesehatan Wanita saat Menstruasi

Kiat-Kiat Menjaga Kesehatan Datang Bulan

1. Cukup istirahat
Penting sekali untuk wanita memperhatikan istirahat di siang hari sebagai kiat baik menjaga kesehatan wanita saat datang bulan. Karena siklus datang bulan mengeluarkan banyak darah, sehingga membuat para wanita menjadi merasa lemah, letih, lesu yang disebabkan oleh berkurangnya zat besi dalam darah.

2. Kenakan pakaian ternyaman
Selanjutnya kiat menjaga kesehatan datang bulan adalah dengan memperhatikan cara berpakaian. Kita akan mengeluarkan banyak keringat, meskipun dengan sedikit saja bergerak, hal ini disebabkan oleh hormon pemicu keringat yang bekerja secara ekstra ketika mengalami datang bulan. Jika kita menggunakan pakaian yang sempit, maka kita akan cepat merasa tidak nyaman. Selain itu gesekan antara kain dengan kulit yang berkali-kali juga dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

3. Garam pemicu perut kembung
Masa datang bulan adalah masa yang berat bagi wanita, berbagai keluhan bisa saja datang secara tiba-tiba. Terutama keluhan pada perut sering dialami oleh para wanita pada masa ini. Perut kembung saat datang bulan, yang sering terjadi pada masa datang bulan menjadi salah satu keluhan yang biasa terjadi. Cara baik menjaga kesehatan wanita saat datang bulan dengan keluhan kulit kembung ini adalah mengurangi konsumsi garam. Karena garam bisa memicu perut menjadi lebih kembung.

4. Olah raga
Jangan pernah meninggalkan olah raga meskipun dalam keadaan haid. Karena olah raga sangat penting untuk membakar kalori dalam tubuh sehingga penimbunan lemak tidak akan terjadi. Kasus terjadi kegemukan pada wanita yang baru saja mendapatkan datang bulan karena ia hanya bermalas-malasan, sehingga harinya hanya dilewati dengan kegiatan makan lalu tidur. Ini merupakan hal yang sangat tidak disarankan. Olah raga pada saat terjadinya datang bulan akan membuat badan Anda terasa lebih segar, sehingga bisa melewati hari dengan penuh semangat. Olah raga sangat disarankan untuk menghindari kegemukan dan rasa lesu sebagai tips yang baik menjaga kesehatan wanita saat datang bulan.

5. Mandi air hangat
Karena terjadi perubahan berbagai hormon pada tubuh wanita ketika masa datang bulan, bisa membuat perasaan menjadi sangat sensitif, pikiran menjadi cepat lelah begitu juga degan badannya. Maka Anda perlu melakukan relaksasi dengan mandi air hangat, agar perasaan stress bisa teratasi. Begitu juga dengan emosi yang naik turun pada masa ini.

6. Hindari soft drink
Minuman soft drink bisa memperparah keadaan perut yang sedang Anda rasakan. Kandungan sisanya akan membuat asam lambung meningkat, sehingga perasaan kembung, begah, atau nyeri semakin terasa. Cara yang baik menjaga kesehatan wanita saat datang bulan dengan menghindari soft drink ini juga bisa diterapkan untuk Anda yang terkena mag.

7. Menjaga kebersihan organ reproduksi
Selama masa datang bulan sebaiknya jangan menggunakan pembalut terlalu lama. Anda harus sering mengganti pembalut jika sudah terasa penuh atau basah. Jika pembalut digunakan dalam waktu yang lama, maka hal ini bisa menyebabkan bersarangnya kuman.

Beberapa cara baik menjaga kesehatan wanita saat datang bulan diatas sebaiknya dilakukan secara rutin setiap kali Anda sedang datang bulan. Agar tubuh tetap sehat, bersih dan semangat dalam menjalani berbagai aktifitas sehari-hari.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Cara Baik Menjaga Kesehatan Wanita saat Datang Bulan"