Energi Suara untuk Isi Ulang Baterai

Jika Anda suka teriak atau suka mengeluarkan suara dengan sangat keras. Bisa jadi energi suara yang Anda hasilkan bisa berguna untuk mengisi ulang baterai telepon genggam Anda. Bagaimana bisa suara yang dikeluarkan oleh manusia atau perangkat elektronik bisa untuk isi ulang baterai?
Energi Suara untuk Isi Ulang Baterai
Ilustrasi Energi Suara Isi Ulang Baterai

Penelitian di Korea Selatan

Pada tahun 2011 lalu pernah dilakukan penelitian oleh University of Seoul, Korea Selatan. Dalam penelitian tersebut, para peneliti mengembangkan sebuah teknologi yang mengubah suara menjadi aliran listrik yang dapat mengisi ulang daya baterai ponsel. Sistem yang digunakan oleh para peneliti ini menggunakan panggilan suara, jadi selama pengguna melakukan panggilan suara, maka daya baterai ponsel akan terus terisi.

Tetapi pada penelitian ini, suara yang dikeluarkan pengguna hanya mampu mencapai kekuatan 100 desibel, dimana kekuatan tersebut belum cukup kuat untuk mengisi ulang daya baterai ponsel secara menyeluruh. Sehingga para peneliti harus mencoba ulang untuk mengoptimasi penggunaan suara yang lebih rendah dengan menghasilkan aliran listrik yang lebih besar.

Penelitian di London

Sekelompok ilmuan dari Queen Mary University of London (QMUL), akhir-akhir sedang mengembangkan teknologi suara untuk dijadikan sebagai daya isi ulang baterai. Dr Joe Briscoe selaku asisten peneliti di QMUL mengatakan bahwa "Ini adalah konsep yang fantastis, dengan memanfaatkan energi disekitar kita, bisa membuat ponsel bisa hidup lebih lama. Kolaborasi ini merupakan kesempatan untuk mengembangkan alat alternatif dalam merancang metode yang terjangkau. Kami berharap bisa menghadirkan teknologi ini menjadi kenyataan."

Apakah penelitian ini sudah berhasil?

Para ilmuan masih mengembangkan teknologi ini, jika berhasil, maka para pengguna ponsel nantinya hanya cukup berbicara atau berteriak untuk melakukan isi ulang daya baterai. Atau bisa juga dengan memanfaatkan daerah sekitar yang bising seperti suara kendaraan atau mungkin musik yang sedang Anda putar dalam ruangan. (DailyMail)

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Energi Suara untuk Isi Ulang Baterai"