Gejala Penyakit Jantung dan Cara Pencegahannya

Gejala Penyakit Jantung dan Cara Pencegahannya - Serangan jantung pada umumnya akan berlangsung selama beberapa jam sehingga memerlukan tindakan medis yang sangat cepat. Penderita jantung biasanya tidak memiliki gejala sama sekali. Menurut data yang diungkapkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pada tahun 2009 penyakit jantung merupakan penyebab dari satu di antara empat kematian terbesar pada kaum wanita di Amerika Serikat.

Pencegahan Penyakit Jantung Kronis

Gejaka Penyakit Jantung

Beberapa pengidap penyakit jantung kadang memiliki keluhan nyeri di bagian dada. Gejala umum dari penyakit jantung yang lain diantaranya adalah sesak nafas, pusing, mual dan bahkan pingsan. Jika penderita penyakit jantung sudah pada tingkat kronis, maka keluhan nyeri yang dialami pun sangat parah atau seperti ada yang meremas-remas organ jantung.

Pengidap penyakit jantung yang sering mengalami nyeri di bagian dada dikenal dengan sebutan angina. Gejala penyakit jantung ini dapat dipicu oleh iskemia pada organ jantung. Saat angina tersebut berlangsung, maka aliran darah pada dasarnya akan dipulihkan dan nyeri pada bagian dada akan berkurang. Selain itu, terdapat juga iskemi jantung yang merupakan kondisi interupsi secara sporadis aliran darah yang menuju jantung namun tanpa rasa sakit. Kemungkinan besar kondisi ini dapat merusak jaringan pada organ jantung. Biasanya, pengidap iskemia ini adalah orang yang sudah menderita penyakit diabetes yang sudah cukup parah.

Jantung koroner adalah pemicu awal dari timbulnya serangan jantung yang fatal. Serangan jantung koroner tersebut disebabkan oleh terjadinya penyumbatan pada arteri koroner oleh penumpukan lemak. Aliran darah kemudian secara perlahan akan terganggu atau tersumbat. Pemicu umum lainnya dari serangan jantung adalah hipertensi, obesitas, kolesterol tinggi, merokok, stres atau euphoria yang berlebihan.

Pencegahan Penyakit Jantung

Untuk pencegahannya sendiri bisa dimulai dengan menghindari hal-hal yang tidak menyehatkan seperti merokok, minum alkohol, dan makan makanan yang tidak sehat. Hal ini juga telah disampaikan oleh Centers for Disease Control and Prevention bahwa menjalankan gaya hidup yang sehat bisa mengurangi seseorang untuk mengidap penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Universitas Harvard menyebutkan bahwa makanan seperti cokelat, steak, keju keras, mentega, dan susu mengandung lemak jenuh. Dalam penelitian tersebut menyebutkan jika lima persen asupan makanan dalam tubuh seseorang mengandung lemah jenuh, maka dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal The BMJ ini menyarankan untuk melakukan diet untuk mencegah penyakit jantung koroner.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Gejala Penyakit Jantung dan Cara Pencegahannya"