Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

Perut buncit menjadikan penampilan seseorang kurang sedap saat dipandang. Kondisi perut yang seperti ini juga disebut dengan obesitas sentral atau obesitas pada daerah perut. Ada dua jenis timbunan lemak pada bagian perut yaitu lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak subkutan adalah lemak yang terdapat di bagian bawah kulit dan bisa dicubit dengan cukup mudah sedangkan lemak viseral adalah lemak yang berada di bagian organ dalam tubuh. Lemak pada bagian perut umumnya didominasi oleh lemak viseral yang sulit diatasi dan cukup berbahaya.

Kenapa Pria Dewasa Perutnya Mudah Buncit?

Penyebab Perut Buncit

Penyebab perut buncit adalah terlalu banyaknya makanan yang dikonsumsi sehingga mengakibatkan timbunan lemak pada bagian perut yang tidak disertai dengan aktivitas fisik yang seimbang. Selain itu, obesitas juga sangat erat hubungannya dengan faktor genetik, kebiasaan buruk seperti merokok, stres berat dan juga efek dari hormon menopause yang terjadi pada perempuan yang memasuki usia lanjut. Disamping itu, bentuk tubuh yang menyerupai apel juga seringkali memiliki bentuk perut buncit. Adapun parameter medis apakah seseorang tersebut mengalami obesitas atau tidak adalah dengan melihat ukuran lingkar pinggangnya. Untuk laki-laki lingkar pinggangnya adalah 90 cm sedangkan untuk perempuan adalah 80 cm.

Bahaya Perut Buncit

1. Tipe lemak paling berbahaya bagi tubuh adalah lemak viseral. Lemak ini akan aktif mengeluarkan senyawa yang menyebabkan inflamasi sekaligus hormon yang dapat berdampak buruk pada aktivitas metabolisme tubuh.
2. Lemak viseral memproduksi asam lemak bebas. Senyawa ini cukup mudah untuk masuk ke dalam organ hati yang kemudian akan mengakibatkan terjadinya perubahan yang cukup signifikan pada tubuh. Seperti meningkatnya jumlah kolesterol jahat yang mengalami penumpukan pada bagian perut. Asam lemak bebas ini juga mengakibatkan produksi insulin pengontrol kadar gula darah menjadi kurang efektif.
3. Jumlah lemak berlebihan akan mengakibatkan hipertensi, stroke, sekaligus jantung koroner. Ini akan memicu terjadinya perubahan hormon yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah dengan nama angiotensin.

Cara Mengatasi Perut Buncit

Mengatasi perut buncit bisa dengan berbagai cara, diantaranya adalah:
Pertama, menghindari jenis minuman yang mengandung alkohol dan juga rokok.
Kedua, konsumsi makanan yang kaya serat seperti sayur-sayuran dan juga buah-buahan.
Ketiga, tidur yang cukup pada malam hari yaitu lebih kurang 8 jam dan jika ada kesempatan istirahat pada siang hari, maka gunakan waktu tersebut untuk istirahat sejenak.
Keempat, hindari stres dan istirahatkan pikiran sejenak saat sedang penat.
Kelima, olahraga secara teratur. Olahraga tidak perlu harus pergi ke gym. Anda bisa berjalan atau bersepeda selama 15 menit setiap harinya.

Hingga saat ini belum ada obat tertentu yang bisa dipakai untuk menghajar lemak viseral khususnya pada bagian perut buncit. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengatasi masalah perut buncit ini dengan melakukan diet sehat dan juga olahraga fisik secara teratur.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya"