Tipe-Tipe Penyakit Diabetes

Diabetes atau penyakit gula merupakan jenis penyakit metabolik yang diakibatkan oleh kadar gula yang tinggi di dalam darah. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh disfungsi atau kelainan pada sistem produksi insulin. Insulin merupakan hormon yang dihasilkan oleh organ pankreas saat manusia mengkonsumsi makanan. Bila aliran insulin dalam darah menuju sel-sel tubuh tidak berjalan dengan lancar, maka akan terjadi penumpukan gula/glukosa di dalam darah. Gejala utama dari penyakit diabetes adalah sering haus, sering lapar, frekuensi buang air kecil yang tinggi, sering lelah, luka yang lambat untuk sembuh serta penglihatan yang sering kabur.
Ilustrasi Mengurangi Diabetes dengan Berlari
Secara garis besar, diabtes bisa dibagi menjadi dua tipe yakni Tipe 1 dan Tipe 2. Diabetes tipe 1 tergolong sebagai jenis penyakit auto-imun dan biasanya terjadi saat sistem kekebalan tubuh (imun) sudah berubah fungsi. Sistem imun tersebut akan menyerang atau mengganggu sistem produksi insulin pada organ pankreas. Penyebab tipe diabetes ini adalah faktor genetik dan juga faktor lingkungan. Diabetes tipe 1 dapat menimpa usia berapapun dan mayoritas pasien pengidap diabetes tipe ini adalah usia anak-anak, remaja dan dewasa.

Diabetes tipe 2 berkembang secara bertahap dan sering ditandai dengan adanya resistensi insulin di dalam tubuh penderitanya. Sel-sel tubuh pada tubuh penderita pada dasarnya akan berhenti menggunakan insulin. Diabetes tipe 2 sering menimpa orang dengan berat badan yang berlebih (obesitas). Di samping itu, faktor keturunan atau genetik pun sering dikaitkan dengan penyebab diabetes tipe ini.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Tipe-Tipe Penyakit Diabetes"