Alur Terjadinya Gerhana Bulan Merah

Fenomena gerhana bulan memang menjadi salah satu fenomena tersendiri di kalangan masyarakat saat ini. Keindahan bentuk bulan dan juga warna bulan yang akan terlihat seperti cincin, membuat salah satu fenomena alam ini sangat dinantikan oleh masyarakat. Pada tanggal 8 Oktober 2014 lalu, fenomena gerhana bulan merah menjadi salah satu peristiwa alam yang bisa disaksikan di Indonesia. Fenomena ini menurut BMKG merupakan peristiwa yang sangat jarang terjadi dalam waktu dekat.

Gerhana bulan 8 Oktober 2014

image: ciricara.com


Ternyata gerhana bulan yang terjadi pada tanggal 8 Oktober 2014 ini merupakan fenomena gerhana ke 3 di tahun ini. Menurut BMKG, ada sekitar 4 gerhana dimana 2 gerhana bulan dan juga 2 gerhana matahari yang terjadi di tahun 2014. Dan beruntungnya Indonesia bisa menyaksikan gerhana bulan merah pada tanggal 8 Oktober tersebut. Berdasarkan info dari BMKG hanya 1 gerhana yang bisa disaksikan di seluruh wilayah di Indonesia dan juga kawasan Asia. Beberapa gerhana yang terjadi di tahun 2014 menurut BMKG :


  1. 15 April 2014: Gerhana bulan total hanya bisa disaksikan di Amerika Utara dan juga Amerika latin. Sementara di Indonesia sendiri hanya bisa disaksikan di Jayapura & Merauke pada pukul 6 malam WIT.
  2. 29 April 2014: Gerhana matahari cincin terjadi di kawasan Antartika dan juga di sebagian besar kawasan Australia. Di area tersebut bisa menyaksikan Gerhana Matahari cincin. Di Indonesia sendiri tidak bisa melihat gerhana matahari ini. Hanya di area Bali, NTT dan NTB yang bisa melihat gerhana ini walau tidak terlalu terlihat jelas.
  3. 8 Oktober 2014: Gerhana bulan total menjadi fenomena yang bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke bisa menyaksikan fenomena alam yang sangat luar biasa ini.
  4. 23 Oktober 2014: Gerhana matahari akan terjadi pada tanggal 23 Oktober. Namun hanya wilayah Kanada, Amerika Serikat dan Mexico yang bisa menyaksikan fenomena alam ini.
Baca juga: Inilah Manfaat Berjalan Kaki ke Kantor
Pada tanggal 8 Oktober 2014 menjadi saksi bagaimana bulan berwarna merah yang akan menampilkan keindahannya. Dan ternyata ada tahap-tahap perjalanan bulan berwarna merah tersebut. Berikut tahapan-tahapan gerhana bulan ini
  1. Masuk ke Penumbra: Bulan akan memasuki penumbra Bumi ketika gerhana bulan masuk ke dalam fase penumbra pada pukul 15.14 WIB. Warna bulan sendiri masih kuning cerah dan belum terlihat adanya aktifitas gerhana bulan
  2. Gerhana sebagian: Ketika bulan memasuki umbra Bumi, bulan sudah mengalami gerhana sebagian sejak pukul 16.15 WIB. Bahkan sebagian sisi bulan sudah terlihat gelap
  3. Gerhana total: Seluruh bagian bulan sudah memasuki umbra Bumi. Gerhana bulan total sudah dimulai sejak pukul 17.25 WIB. Bulan akan berwarna gelap.
  4. Gerhana bulan: Bulan tepat berada di tengah Bumi dan tidak terkena cahaya matahari ketika waktu menunjukkan pukul 17.55 WIB. Yang paling menarik ketika bulan menjadi berwarna merah gelap.
  5. Akhir gerhana total: Bulan perlahan-lahan mulai keluar dari umbra Bumi pada pukul 18.24 WIB. Sebagian bulan sudah mulai berwarna terang.
  6. Gerhana sebagian akhir: Sebagian besar bagian bulan sudah mulai keluar dari umbra Bumi ketika waktu menunjukkan pukul 19.34 WIB. Namun perubahan warna sudah sulit diamati
  7. Keluar dari penumbra: Bulan keluar dari penumbra Bumi dan gerhana selesai pada pukul 20.34 WIB. Warna Bulan akhirnya kembali ke kuning cerah.
Baca juga: Empat tanda Manusia Mudah Dirasuki Hantu
Fenomena gerhana bulan sendiri memang merupakan fenomena yang menarik. Dan menurut prediksi pada tanggal 4 April 2015 akan terjadi gerhana yang serupa seperti pada tanggal 8 Oktober 2014.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Alur Terjadinya Gerhana Bulan Merah "