Kincir Angin Di Bantul

Sebuah perencanaan untuk pembangunan 30-33 kincir angin raksasa di daerah Bantul kini sudah terealisasi dengan sempurna. Dikatakan oleh Pihak Bappeda bawah Kincir Angin Di Bantul  ini menelan biaya sekitar 1, 5 triliun. Anggaran yang begitu besar untuk beberapa kincir angin yang telah dijadikan tempat wisata sampai saat ini. Menurut perencanaan awal hal ini telah bekerjasama dengan investor Amerika Serikat beserta Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan telah mendapat persetujuan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kementrian ESDM pada saat itu.
image courtesy jogjamu.com

Mengacu pada rancangan awal, bahwa kincir angin ini telah menjadi daya tarik tersendiri oleh masyarakat luas, baik di daerah kota istimewa Yogyakarta maupun para pengunjung dari luar negri. Detail tinggi dari Kincir tersebut sekitar 85 meter guna menempatkan titik yang tepat untuk mencari angin kencang sehingga dapat konsisten dalam pemenuhan kebutuhan listrik. Kini kincir Angin raksasa yang ada di daerah Bantul tersebut bisa menghasilkan hingga 50 megawatt listrik yang langsung tersalur dengan PLN pusat kota tersebut. Jadi hal ini sangat menguntungkan baik oleh beberapa pihak khususnya PLN yang kemungkinan besar suplai listrik di kota Bantul bisa terpenuhi dengan baik.

Pembangunannya jaraknya tidaklah jauh dari bibir pantai yaitu sekitar 100 meter. Sehingga anda bisa merasakan sejuknya berada di dekat kincir angin itu selain kesejukan angin semilir di pinggir pantai. Pada awalnya, pembangunan kincir ini juga sempat menuai berbagi macam konflik utamanya dari petani lahan sekitar, sebab walau lahan yang digunakan tidaklah luas, juga bisa mengganggu aktivitas bercocok tanam oleh para petani. Namun pada akhirnya semua bisa terkendali, karena pemerintah kota tersebut memberikan keleluasaan bercocok tanam di sekitar kincir angin, karena lahan yang digunakan hanyalah pada setiap tiang kincir angin yang berdiri.
Baca juga:
- Pesawat Tanpa Awak Buatan Indonesia
- Jam Gadang dari Bukit Tinggi
Bila anda ingin bepergian untuk melihat suasana indah di pesisir pantai dan pemandangan Kincir Angin Di Bantul, anda bisa menemukanya di daerah dusun Ngentak. Kincir-kincir angin disana sudah mulai digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH) untuk wilayah area pesisir. Dan pasokan listrik pun sudah bisa membantu masyarakat disana. Di daerah Poncosari Srandakan Bantul tepatnya, anda akan melihat kawasan tersebut sebagai tempat wisata yang telah resmi di dibuka sejak tahun 2010 lalu. Untuk menuju kesana memerlukan perjalanan sekitar 1 jam dari daerah kota Jogja. Kini anda bisa merasakan luasnya pantai Pandansimo dan bila anda berjalan menuju ke arah barat maka anda langsung bisa sampai ke pantai yang baru dan tak kalah menarik dengan nuansa kincir-kincir anginnya.

Fasilitas di sana pun cukup memadai walau anda tidak bisa dekat-dekat dengan panoramanya, setidaknya anda bisa melihat dari jarak jauh sambil menikmati makanan-makanan yang tersedia di pinggiran pantai tersebut. Semilir angin yang datang silih berganti lebih menambah suasana menjadi rileks dan nyaman. Jadi pastikan anda tidak lupa untuk berkunjung ke pantai tersebut sekaligus melihat keadaan dan view yang menarik diantara sekian banyak kincir-kincir angin yang menarik di daerah tersebut. Menurut berita, proyek Kincir Angin Di Bantul sudah mulai berjalan dan beroperasi dengan baik sehingga ketika anda berkunjung disana juga bisa merasakan manfaatnya selain sebagai suplai energi kelistrikan. Itulah info yang bisa anda temukan disini dan semoga menambah wawasan luas terkait wisata di daerah Bantul.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Kincir Angin Di Bantul"