Pemberantasan Illegal Fishing Ala Menteri Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK, Susi Pudjiastuti memasukan pemberantasan illegal fishing sebagai salah satu program dalam 100 Hari Kerja-nya. Menurut Susi Pudjiastuti, hal ini dilakukan karena melihat fakta bahwa walau luas laut Indonesia jauh lebih besar dari Negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand, namun jumlah ekspor ikan kita malah lebih rendah.
Pemberantasan Illegal Fishing Ala Menteri Susi Pudjiastuti
image courtesy viaberita.com
Illegal Fishing di seluruh perairan Indonesia kerap dilakukan oleh kapal-kapal penangkap ikan dari luar negeri. Hal ini bisa terjadi karena kapal yang masuk dan keluar perairan Indonesia tidak didata, selain itu, kurangnya pengawasan di daerah-daerah perbatasan juga menjadi salah satu penyebab mudahnya kapal bisa keluar-masuk perairan Indonesia untuk mencuri ikan. Kapal-kapal tersebut menangkap ikan dari perairan Indonesia dan tentunya sangat merugikan Negara karena hasil lautnnya diambil oleh Negara lain.
Baca juga:
- Sejarah Tabanan Bali Sagung Ayu Wah
- Alur Terjadinya Gerhana Bulan Merah
Cara pemberantasan Illegal Fishing ala Menteri Susi Pudjiastuti akan diawali dengan mendata semua kapal-kapal komersil yang masuk ke dalam perairan Indonesia. Pendataan ini akan dilakukan secara online, jadi semua kapal yang masuk dan keluar Indonesia dapat terpantau, sama halnya seperti pesawat terbang yang terbang diatas daerah teritori Indonesia.

Selain itu, Susi Pudjiastuti juga akan meningkatkan dan mengoptimalkan sumber daya perikanan dan kelautan Indonesia agar mampu menunjang pertumbuhan ekonomi nasional. Apalagi, potensi yang dimiliki sektor ini sangatlah besar, mengingat bahwa 70 persen wilayah Indonesia adalah laut.

Disamping menyusun program 100 Hari Kerjanya, Susi Pudjiastuti juga akan meneruskan hal-hal yang telah diprogramkan dan dilaksanakan oleh menteri Kelautan sebelumnya, Sharif Cicip Sutardjo. Susi dan jajarannya akan memetakan dan mengevaluasi hal-hal yang dianggap kurang selama ini sehingga bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Pemberantasan Illegal Fishing Ala Menteri Susi Pudjiastuti"