Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Tubuh

Apa saja kandungan bawang putih yang bermanfaat untuk tubuh? Bawang putih yang kita kenal ternyata bukan hanya sekedar bumbu masak saja melainkan juga dapat digunakan sebagai obat herbal dengan berjuta khasiat untuk menyembuhkan beragam penyakit. Mengingat kegunaan bawang putih yang begitu besar, banyak orang dari berbagai negara menggunakan bawang putih dalam berbagai keperluan mereka, apakah itu untuk penyedap masakan, kesehatan maupun kecantikan. Nah, dari sekian banyak manfaat bawang putih, sudahkah Anda mengetahui sebagian? Jika belum, yuk kita simak pembahasan mengenai manfaat bawang putih bagi tubuh.

Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Tubuh

Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh sudah diteliti oleh para ahli dari berbagai belahan dunia. Bawang putih yang kita konsumsi sehari-hari tersebut biasanya kita campurkan ke dalam makanan untuk membuatnya terasa lebih enak. Bawang putih bersama garam adalah raja dan ratu bumbu. Jika tak ada bumbu lainnya, bawang putih dan garam sudah memenuhi syarat menyedapkan masakan apapun. Hampir semua masakan, baik masakan timur maupun masakan barat, menggunakan bawang putih sebagai bumbu utamanya. Tanpa bawang putih dan garam, makanan semewah apapun tidak akan terasa enak.

Kandungan bawang Putih yang bermanfaat untuk tubuh antara lain adalah minyak atsiri yang terkandung di dalamnya. Minyak atsiri merupakan antiseptic alami yang mampu membunuh bakteri. Zat-zat lain yang terkandung di dalam bawang putih adalah Aliin dan Allicin yang mampu menekan tingkat kolesterol di dalam tubuh. Hal tersebut membuat bawang putih baik untuk dikonsumsi oleh penderita jantung koroner dan juga penderita tekanan darah tinggi. Selain itu, pada bagian umbinya, bawang putih mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin B1, kalsium, protein, belerang, lemak, fosfor, zat besi, saltivina, diallysulfide dan alilpropil-disulfida. Saltivina adalah zat yang berguna untuk merangsang pertumbuhan sel dan susunan sel syaraf. Sedangkan alilpropil-disulfida berguna sebagai zat anti cacing.

Kegunaan bawang putih untuk kesehatan sebenarnya sudah dikenal dengan sangat baik oleh nenek moyang kita. Jauh sebelum para peneliti di barat menemukan khasiat bawang putih melalui berbagai penelitian, nenek moyang kita sudah menggunakan bawang putih sebagai obat batuk alami. Zat sulfur yang terkandung secara alami di dalam bawang putih mampu mengencerkan dahak dan melegakan pernafasan. Jika dimakan dalam keadaan mentah, bawang putih dapat membunuh bakteri dan virus penyebab beragam penyakit menular termasuk virus flu, virus herpes dan lain sebagainya.

Bawang putih yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat menurunkan resiko ibu mengalami komplikasi selama kehamilannya. Bawang putih juga menjaga kenaikan berat badan bayi agar bayi lahir tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Konsumsi bawang putih selama kehamilan juga mengurangi kemungkinan ibu mengalami pre-eklampsia atau pun jenis komplikasi kehamilan lainnya. Disarankan untuk ibu hamil mengkonsumsi tablet bawang putih yang banyak tersedia di pasaran jika tak tahan baunya.

Kandungan bawang putih yang bermanfaat untuk tubuh yang paling menghebohkan dunia kesehatan adalah kemampuannya untuk memerangi sel-sel kanker. Kandungan organ sulfida alami dalam bawang putih membantu organ hati memproses zat-zat yang mampu membunuh sel-sel kanker. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa mereka yang mengkonsumsi bawang putih mengalami penurunan resiko terkena kanker, khususnya kanker perut dan kanker usus besar. Konsumsi bawang putih secara rutin, tidak hanya dalam masakan saja, namun mengkonsumsinya secara mentah jauh lebih baik. Anda bisa mengunyah satu atau dua siung bawang putih setiap hari.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Tubuh"