Khasiat Kulit Manggis dan Cara Mengolahnya

Kulit manggis atau sering disebut dengan garcia merupakan salah satu bagian dari buah manggis yang kaya akan manfaat. Dalam tulisan kali ini akan membahas mengenai khasiat kulit manggis dan cara mengolahnya. Khasiat kulit manggis sangat banyak dan yang paling utama adalah sangat bagus untuk kesehatan. Khasiat kulit buah manggis sangat banyak tidak hanya dapat mengobati berbagai macam penyakit saja tapi juga dapat mencegah timbulnya penyakit berbahaya dalam tubuh. Kandungan yang ada dalam buah manggis terutama kulitnya memang sangat banyak. Kandungan antioksidan dalam kulit manggis lebih banyak dibandingkan kandungan dalam buah manggis itu sendiri.

Khasiat Kulit Manggis dan Cara Mengolahnya

Khasiat kulit manggis dan cara mengolahnya memang sudah tidak diragukan lagi. Kandungan utama dalam kulit manggis yaitu xanthone. Kandungan atau senyawa xanthone ini hanya terdapat dalam kulit buah manggis. Kandungan xanthone merupakan senyawa yang terbaik untuk mengatasi berbagai macam penyakit berbahaya. Tidak heran jika kulit buah manggis sudah banyak digunakan oleh para produsen obat herbal untuk membuat berbagai macam jamu. Salah satu manfaat dari kulit buah manggis yaitu dapat mengatasi penyakit kanker dan tumor. Selain dapat mengobati penyakit kanker dan tumor, kulit buah manggis juga kaya akan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi rutin setiap hari agar tubuh tetap sehat.

Cara Mengolah Kulit Manggis Mudah dan Praktis

Untuk khasiat kulit manggis dan cara mengolahnya sebenarnya dapat dilakukan sendiri. Untuk Anda yang kurang percaya dengan ramuan kulit buah manggis yang dijual dipasaran bisa mencoba membuat ramuan kulit manggis sendiri. Cara mengolah kulit manggis tidak lah sulit, yang Anda butuhkan hanya kulit buah manggis yang masih segar ataupun yang sudah dikeringkan. Untuk lebih jelasnya berikut akan dijelaskan bagaimana cara membuat ramuan dari kulit manggis.

1. Direbus
Khasiat kulit manggis dan cara mengolahnya yang paling mudah dan praktis yaitu dengan cara merebusnya. Untuk mengolah kulit manggis dengan cara direbus sangat simpel, ambil kulit manggis yang sudah dikeringkan kemudian rebus dengan dua gelas air mineral. Biarkan sampai mendidih dan airnya berkurang separuh. Minum air rebusan ini setiap dua kali sehari. Agar rasanya lebih enak bisa ditambahkan dengan madu maupun gula jawa.

2. Dijadikan teh
Selain dengan cara direbus khasiat kulit manggis dan cara mengolahnya yang kedua yaitu dengan dijadikan teh. Untuk membuat teh dari kulit manggis caranya sangat mudah, potong kulit manggis menjadi kecil-kecil kemudian dijemur dibawah sinar matahari sampai kering. Jika belum kering simpan ditempat yang kering dan tidak lembab. Untuk menyajikannya cukup masukkan kulit manggis kering ke dalam gelas kemudian seduh dengan menggunakan air hangat.

3. Dibuat menjadi jus
Olahan kulit manggis yang paling enak adalah jus kulit manggis. Cara mengolah kulit manggis menjadi jus sangat mudah, ambil kulit manggis yang masih segar kemudian diblender. Jika ingin rasa lebih manis bisa ditambahkan gula aren ataupun madu. Jika ingin lebih enak bisa ditambahkan es batu ataupun tambahan buah lainnya.

Bagaimana sangat mudah bukan cara mengolah kulit manggis? Dengan mengolahnya sendiri Anda tidak perlu membeli lagi produk hasil olahan kulit manggis yang tergolong mahal. Khasiat kulit manggis dan cara mengolahnya ini dapat Anda praktekkan sendiri di rumah. Untuk Anda yang baru pertama akan mengkonsumsi kulit manggis sebaiknya dimulai dengan kapasitas yang sedikit terlebih dahulu. Bagi yang belum terbiasa meminum olahan kulit manggis terkadang akan menimbulkan efek yang kurang mengenakkan, seperti mual dan muntah-muntah. Jika beberapa hari mengkonsumsi tidak terjadi masalah Anda bisa melanjutkan dengan mengkonsumsi dalam jumlah yang sedikit lebih banyak.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Khasiat Kulit Manggis dan Cara Mengolahnya"