Penyebab Penyakit Lupus dan Cara Mengobatinya

Apakah Anda tahu tentang penyakit lupus? Mungkin Anda sering mendengarnya namun tidak mengetahui apa itu penyakit lupus, penyebab dan gejala penyakit lupus. Penyakit lupus merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Dalam hal ini sistem imun atau kekebalan tubuh mengalami reaksi yang berlebihan sehingga tidak dapat membedakan mana yang pathogen dan mana yang bukan. Reaksi berlebihan ini akan menyebabkan antibody menyerang diri sendiri. Pada artikel berikut ini akan dipaparkan mengenai penyebab penyakit lupus dan cara mengobatinya.

Penyebab Penyakit Lupus dan Cara Mengobatinya

Pada dasarnya penyebab spesifik penyakit lupus belum ditemukan, namun penyakit ini dapat timbul apabila seseorang mempunyai genetic terkena penyakit lupus, hormone yang memicu, dan faktor lingkungan. Lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai penyakit, termasuk penyakit lupus ini. Lingkungan yang sehat berasal dari perawatan diri sendiri dan tempat tinggal. Oleh sebab itu, pembahasan mengenai penyebab penyakit lupus dan cara mengobatinya sangat diperlukan agar masyarakat senantiasa waspada terhadap penyakit yang mematikan ini.

Penderita penyakit lupus lebih banyak dialami oleh perempuan daripada laki-laki. Meskipun secara spesifik penyebab penyakit ini belum diketahui, namun terdapat faktor-faktor yang ikut andil besar dalam menimbulkan penyakit lupus ini, diantaranya yaitu:

- Stress berat dan emosi yang tidak dapat terkontrol.
- Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan.
- Beberapa efek samping dari obat-obatan.
- Kebiasaan merokok.
- Beberapa infeksi, seperti hepatitis C, cytomegalovirus (CMV), parvovirus, dan virus Epsten Barr yang terjadi pada anak-anak.
- Paparan zat kimia seperti trichloroethylene.
- Debu dan air yang tidak bersih.

Itulah mengenai penyebab penyakit lupus dan cara mengobatinya akan dipaparkan selanjutnya.

Gejala-gejala pada penyakit lupus ditandai dengan sakit pada persendian, seperti pergelangan tangan, pergelangan kaki, siku, dan lutut. Ciri-ciri penderita penyakit lupus juga bisa mengalami pembengkakan pada kaki dan tangan, gejala demam yang tinggi, dan cepat merasa lelah berkepanjangan. Gejala yang lebih lanjut yaitu mengalami ruam pada kulit, biasanya di sekitar wajah, leher, punggung, lengan, dan tangan. Kemudian ada banyak gejala lanjutan dari seseorang yang mengalami penyakit lupus, gejala-gejala tersebut yaitu ruam di hidung dan pipi, sesak napas dan nyeri pada dada, rambut rontok, kejang, dan mengalami pembekuan darah yang tidak normal. Oleh sebab itu, mengetahui dan mempelajari penyebab penyakit lupus dan cara mengobatinya sangatlah penting.

Pada dasarnya obat penyakit lupus tidak menjanjikan untuk kesembuhan total, namun obat ini dapat mengurangi gejala-gejala dan mengontrol penyakit lupus. Fungsi pengobatan juga untuk mencegah komplikasi penyakit-penyakit lain yang ditimbulkan oleh penyakit lupus. Diagnosis dan obat yang diterapkan untuk masing-masing orang dapat berbeda karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda pula. Sebelum melakukan pengobatan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter agar diketahui lebih dini apakah itu termasuk gejala penyakit lupus. Jika diketahui lebih dini maka pengobatan akan lebih efektif. Obat-obat yang biasa digunakan untuk penyakit lupus diantaranya yaitu obat anti inflamasi, obat antimalaria, dan kortikosteroid. Anda harus waspada terhadap penyebab penyakit lupus dan cara mengobatinya akan sangat efektif dilakukan sejak dini jika memang terdapat gejala-gejala yang mencurigakan.

Perawatan-perawatan juga sangat diperlukan bagi penderita penyakit lupus. Perawatan tersebut yaitu:
  1. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat.
  2. Berolahraga secara teratur.
  3. Selalu mencari info mengenai penyakit lupus, guna mendapatkan perkembangan info yang terbaru.
  4. Menggunakan tabir surya ketika akan melakukan kegiatan yang terkena sinar matahari langsung.
  5. Mengontrol aktivitas agar tidak mudah lelah.

Itulah sederet paparan mengenai penyebab penyakit lupus dan cara mengobatinya. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Penyebab Penyakit Lupus dan Cara Mengobatinya"