Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Rambut

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Rambut sudah dikenal sejak zaman nenek moyang kita. Lidah buaya merupakan tanaman obat yang memiliki khasiat luar biasa. Bentuknya yang unik sering dijadikan tanaman hias di rumah-rumah. Tidak hanya cantik namun juga memiliki segudang manfaat, mulai dari bahan untuk merawat kecantikan hingga kesehatan tubuh.

Kita mengenal lidah buaya sebagai bahan penyubur rambut, namun kita juga sering mendengar tentang khasiat lidah buaya lainnya seperti mengobati luka bakar, mencegah jerawat dan lain sebagainya. Manfaat lidah buaya untuk kulit wajah merupakan salah satu khasiat tanaman ini.

Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut dan Wajah

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat, lidah buaya mampu mengobatinya. Anda hanya harus secara rutin dan teratur mengoleskan lender lidah buaya yang terdapat di dalam daunnya ke kulit wajah. Oleskan lender tersebut secara merata dan diamkan sebentar. Lender lidah buaya digunakan seperti kita menggunakan masker. Setelah agak mengering, cuci wajah seperti biasa. Dengan perawatan masker lidah buaya secara teratur, kulit Anda akan Nampak sehat, bersih, cerah serta bebas jerawat.

Manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut berasal dari zat-zat aktif yang terkandung dalam tanaman ini seperti mannans asetat, antrakuinon, polymannans, lektin dan saponin serta antrakuinon. Antrakuinon merupakan senyawa alami yang terdapat pada lidah buaya yang bekerja menangkal bakteri. Ini mengapa lidah buaya sangat bagus untuk mencegah infeksi dan inflamasi. Lidah buaya juga dapat mencegah bakteri yang menyebabkan ketombe muncul di rambut.

Selain itu menguatkan akar rambut dan mencegah kerontokan rambut. Zat-zat yang terkandung di dalam lidah buaya memang dikenal dapat mencegah kerontokan, membuat rambut menjadi lebih tebal serta membuat warna asli rambut menjadi lebih terlihat. Bagi orang Indonesia yang umumnya memiliki rambut hitam, dengan lidah buaya rambut akan menjadi jauh lebih hitam alami.

Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut pun sangat mudah dan sederhana. Kita tidak perlu repot-repot ke salon hanya untuk mendapatkan perawatan seperti ini. Cukup mengambil salah satu daun lidah buaya. Potong menjadi dua, ambil lendirnya dan oleskan ke rambut. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Setelahnya kita bisa mencuci rambut seperti biasanya. Perawatan ini harus dilakukan cukup rutin agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Jika sudah terbiasa melakukannya dengan rutin, rambut Anda akan terlihat lebih berkilau dan rontok berkurang. Rambut bahkan terlihat jauh lebih tebal daripada sebelumnya.

Selain rambut, manfaat lidah buaya untuk kulit adalah menghilangkan flek hitam. Terkadang kita salah menggunakan kosmetik dan juga cuaca di Indonesia yang panas dan lembab membuat wajah terpapar sinar matahari dan membuat flek hitam muncul di wajah. Hal ini tentu tidak menyenangkan karena dapat membuat kecantikan kulit berkurang. Untuk mengatasinya mudah saja, oleskan lidah buaya pada kulit wajah seperti masker. Dengan perawatan yang rutin, flek hitam akan berkurang.

Manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut tidak hanya bisa didapatkan dengan mengoleskannya saja ke permukaan kulit dan rambut, namun juga bisa dikonsumsi. Daging lidah buaya saat ini banyak diolah menjadi bahan makanan ataupun minuman. Lidah buaya cukup sering dicampur dengan es dan bahan-bahan lainnya dan menjadi minuman segar di kala cuaca panas. Tidak hanya segar, es lidah buaya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan secara keseluruhan. Selamat mencoba!

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Rambut"