Cara yang Spektakuler Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental merupakan suatu kesehatan dimana seseorang terjaga dari keluhan, gangguan baik secara neurosis maupun psikis dalam artian penyesuaian diri terhadap lingkungan sosialnya. Berdasar orientasi kesehatan mental mempunyai arti yang lebih luas yaitu kemampuan seseorang untuk dapat menyesuaikan diri dengan sekitar atas tuntutan - tuntutan yang dihadapinya, mungkin bisa berupa konkret atau hanya tuntutan berupa mental. Perlunya Menjaga Kesehatan Mental salah satuya bertujuan untuk menstabilkan diri and dalam menghadapi maupun mengatasi masalah - masalah walau berada dalam kondisi yang baru sekalipun.
Cara yang Spektakuler Menjaga Kesehatan Mental
image: muhammadzahry.blogspot.com
Dalam definisi M. Jahoda seorang pelopor kesehatan mental memberikan rincian arti kesehatan mental yang mampu  memiliki penilaian nyata baik tentang kehidupans ataupun dirinya sendiri. Yang secara umum yaitu penyesuaian diri yang aktif, kestabilan dan penilaian nyata terhadap kehidupan ini. Penyesuaian diri sebenarnya meliputi banyak aspek namun yang terpenting adalah penyesuaian tersebut lebih berperan aktif dan positif dalam pemilihan cara – cara sehat dan masuk akal.
Mungkin anda sudah mengetahui lebih banyak cara untuk Menjaga Kesehatan Mental terutama pada kondisi - kondisi saat anda mulai frustasi dengan sebuah kenyataan atau lainya. Jadi disini tersedia cara praktis untuk menambah referensi anda agar mental anda tetap terjaga dan tidak mudah terganggu.

Berikut Cara Menjaga Kesehatan Mental


1. Menjaga hubungan baik

Hal ini sangatlah penting untuk keberlangsungan hubungan social anda terhadap masyarakat. Jadi anda tidak perlu bersusah payah dalam menghadapi suatu masalah, sehingga anda bisa berbagi dengan mereka dengan tetap terjaganya hubungan baik tersebut.
Baca juga: Susah Hamil Pemicu Depresi pada Wanita

2. Aktif berkegiatan

Cobalah untuk selalu aktif dalam sebuah kegiatan. Dengan banyaknya kesibukan serta pertemuan teman – teman yang baru akan membantu anda dalam bekreasi dan bisa membantu orang lain juga dapat merasakan bahwa diri anda merasa dibutuhkan serta meningkatkan kepercayaan diri anda. Aktivitas tersebut sangat membantu anda dalam penyesuaian pandangan positif anda terhadap sebuah kehidupan.

3. Menerima dan menghargai diri sendiri

Pastinya setiap individu mempunyai karakter masing – masing. Jadi anda bisa lebih mengenali diri anda baik kelebihan maupun kekuranganya. Mungkin disaat anda dikritik, terimalah dengan suasana yang baik karena hal itu untuk Menjaga Kesehatan Mental agar kedepanya anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Tulang

4. Istirahatlah yang cukup

Latihan olahraga memang penting untuk kebugaran badan dan mental anda. Namun sediakan juga waktu khusus untuk istirahat anda seperti bersantai, tidur sejenak, atau melakukan hal – hal yang lebih ringan dan menyenangkan. Hal ini akan membantu anda dalam meringankan tekanan – tekanan dalam pikiran anda.

5. Aktif Bergerak

Nah selain melakukan istirahat cukup, maka kegiatan anda juga harus diimbangi dengan aktif bergerak melakukan aktivitas lain atau olahraga yang anda sukai namun bergerak tidak haruslah olahraga terus menerus, cukup dengan berkegiatan jalan – jalan, berkebun, bersih – bersih rumah akan bisa Menjaga Kesehatan Mental anda. Anda bisa meluangakan waktu setengah jam tiap 3x dalam seminggu untuk melakukanya.
Baca juga: Inilah Manfaat Berjalan Kaki ke Kantor

6. Konsumsilah makanan dan gizi yang sehat

Otak dan organ – organ lainya sangat membutuhkan nutrisi yang bergizi agar secara umum organ dalam tubuh kita berfungsi dengan baik. Anda bisa melakukan diet seimbang atau mengkonsumsi gizi yang cukup untuk dapat membantu kesehatan mental juga karena anda akan lebih mudah berpikir positif dalam melakukan berbagi hal. Minimalkan kandungan minuman yang ada kafeinnya, glukosa yang berlebihan maupun alkohol dan merokok karena dari hal tersebut bisa jadi memunculkan masalah baru secara tidak langsung.

Demikianlah tips dan cara bagi anda dalam Menjaga Kesehatan Mental yang bisa dishare disini. Setidaknya bisa membantu anda dengan perilaku positif sehingga menjadikan mental anda terjaga dengan baik dan tergerak untuk selalu melakukan hal lebih baik lagi kedepanya. Sekian dan terima kasih





Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Cara yang Spektakuler Menjaga Kesehatan Mental"