5 Tips Ampuh Memadamkan Amarah


Beberapa orang bahkan kebanyakan tidak memperdulikan amarah mereka, sehingga sulit mengidentigfikasi emosinya sendiri. Bahkan ada yang menganggap bahwa emosi hanya berhubungan dengan rasa marah yang diluapkan ketika dipancing oleh hal-hal yang tidak disukainya, dan akan semakin menjadi apalagi ditambah dengan tekanan-tekanan yang membuat panas suasana hatinya.

Sebenarnya mengekpresikan emosi adalah cara sehat untuk melepaskan perasaan terpendam. Dan perlu diingat, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah kenali dan mengindentifikasi emosi sendiri kemudian cari solusi untuk mengatasi masalah yang membuat Anda emosi. Daripada melampiaskan amarah, lebih baik fokus pada solusi untuk menghindari kemarahan itu. Koreksilah diri sendiri, bisa jadi hal yang membuat marah akibat ulah kita sendiri bukan orang lain.

Berikut beberapa langkah dan sikap untuk memadamkan amarah, setidaknya ada lima tips ampuh seperti dikutip dari kusuka.com (9/9) sebagai berikut:

Cobalah untuk berfikir tenang.

Diam sejenak dan berusaha untuk menarik lebih banyak pikiran yang lebih baik kedalam diri Anda. Tidak ada yang melarang seseorang untuk marah, tetapi berusaha menenangkan diri sendiri akan lebih baik daripada marah kita menyakiti perasaan orang lain.

Tarik nafas dalam-dalam.

Tarik nafas Anda dalam-dalam dan keluarkan pelan selama sepuluh menit. Tindakan sederhana ini sangat membantu Anda mengurangi amarah dalam diri Anda, dan berpikirlah lagi apa gunanya Anda meluapkan amarah kepada orang lain?
Baca juga: Sabina Altynbekova Pemain Voly Cantik
Cari tempat yang paling tenang.

Selera seseorang berbeda-beda, jadi bagi Anda yang sedang marah sebaiknya cari tempat yang paling nyaman menurut Anda, seperti kepantai atau kebun-kebun hijau yang meneduhkan mata dengan suasana nyaman dan fresh. Cara ini bisa membantu pikiran Anda kembali jernih dan mendapatkan jalan keluar yang baik dan cepat dengan tenang.

Lakukan aktivitas fisik

Solusi terbaik adalah dengan melakukan aktivitas seperti jogging sambil mendengarkan musik yang paling nyaman menurut Anda dengan headset di telinga. Bisa juga sesekali sempatkan diri Anda untuk fitness dirumah atau jika punya waktu banyak pergilah ketempat fitness. Olah raga memang terbukti dapat mengurangi rasa emosi dan marah, selain itu juga bisa mengeluarkan hormon yang bisa membuat seseorang bahagia.

Hapus Pikiran Negatif

Hapuslah segala pemikiran dan keyakinan yang salah ketimbang amarah yang berlanjut pada tindakan yang tidak terkendali yang membuat berantakan segala sesuatunya dan pada akhirnya merugikan diri sendiri. Kembangkan pemikiran dan sikap positif Anda bisa mengontrol hidup Anda dengan baik. Berpikiran positif bisa membuat tubuh juga lebih sehat, membuat Anda memilih keputusan dengan cepat dan benar, karena berpikir positif akan memancarkan energi positif, dan akan mempengaruhi pada kesuksesan Anda.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "5 Tips Ampuh Memadamkan Amarah"