Cara Mengobati Panu dengan Cepat

Panu, merupakan penyakit yang sangat memalukan. Sekumpulan bintik putih yang terasa gatal saat keringat keluar dari pori-pori ini merupakan penyakit yang menular. Jika tidak ditangani dengan segera maka akan menjalar ke seluruh tubuh. Meskipun tidak terasa sakit, namun sebaiknya panu segera diobati. Cara mengobati panu dengan cepat adalah menggunakan obat dengan kandungan anti jamur. Mengingat panu disebabkan oleh jamur, maka kita perlu melakukan beberapa hal agar panu tidak menyerang kulit kita.

Cara Mengobati Panu dengan Cepat

Penyebab Terjadinya Panu atau Jamur Kulit

Panu dapat menyerang semua orang, laki-laki atau perempuan. Menjaga kebersihan diri merupakan upaya yang bagus untuk pencegahan agar penyakit panu tidak menyerang. Penyakit panu sendiri tentu tidak datang secara tiba-tiba. Karena semua penyakit tentu ada sebab-musababnya. Adapun yang sering menjadi penyebab terjadinya panu antara lain:

1. Kurangnya menjaga kebersihan diri

Cara mengobati panu dengan cepat harus melalui langkah pertama yaitu menjaga kebersihan diri. Untuk menjaga kebersihan diri, sebaiknya mandi dilakukan setiap hari paling tidak 2 kali.

2. Kebersihan pakaian

Selain kebersihan diri, Anda juga perlu menjaga kebersihan pakaian. Pakaian sebaiknya dicuci setelah dipakai. Menggantungkan baju setelah dipakai hanya akan menyebabkan berkembangnya kuman dan bakteri. Tidak cukup hanya dicuci, namun biasakan menyeterika pakaian. Agar kuman dan bakteri yang ada pada pakaian mati, selain itu menyeterika pakaian membuat kita terlihat lebih rapi.

3. Bertukar pakaian

Karena jamur bisa menular dari satu tubuh ke tubuh yan lain, jadi sebaiknya Anda tidak bertukar pakaian dengan orang lain, yang mungkin saja memiliki panu pada bagian kulit tubuhnya cara mengobati panu dengan cepat bisa dilakukan apabila segala pencegahan telah Anda lakukan.

Cara Mengobati Panu di Tubuh

Panu bisa diobati dengan menggunakan berbagai tanaman yang ada di sekitar kita. Meskipun banyak obat anti jamur yang dijual di toko obat atau apotik, namun cara mengobati panu dengan cara alami ini tidak kalah manjur dengan pengobatan dengan bahan kimia. Selain itu, pengobatan degan cara alami bisa menyembuhkan dengan cepat dan tuntas, sehingga penyakit tidak kambuh.

1. Bawang putih

Bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat selain sebagai penyedap pada masakan. Cara mengobati panu dengan cepat yang pertama adalah menggunakan bawang putih, ini sangat mudah dilakukan. Potonglah bawang putih menjadi dua bagian, ketika bawang dibelah maka akan keluar getah pada bekas belahan tersebut, getah inilah yang dapat menyembuhkan panu dengan cepat. Gosoklah bagian yang bergetah ini pada kulit yang terserang panu. Lakukan dua kali setiap kali habis mandi.

2. Lengkuas

Bumbu dapur dengan berbentuk rimpang beruas-ruas ini tidak hanya digunakan untuk mengobati penyakit dalam saja, namun juga bisa digunakan untuk mengobati panu. Caranya mudah, parutlah lengkuas lalu campurlah dengan sedikit garam dan oleskan pada kulit yang terkena panu. Cara mengobati panu dengan cepat menggunakan lengkuas ini biasanya pada tiga hari pemakaian kulit akan menjadi hitam seperti terbakar, kemudian seperti mengelupas, setelah itu kulit Anda akan menjadi mulus tanpa panu.

3. Daun Pare

Tidak hanya pare saja yang berfungsi sebagai pengobat penyakit, namun daun pare juga berfungsi sebagai pengusir panu. Caranya, tumbuklah daun pare hingga halus, dan tambahlah sedikit kapur sirih. Kemudian gosoklah pada bagian kulit yang memiliki panu.

4. Jeruk nipis

Cara mengobati panu dengan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis yang juga digunakan untuk kecantikan ini juga dapat menyembuhkan panu. Caranya yaitu, potonglah menjadi dua bagian buah jeruk nipis, oleskan jeruk nipis pada belerang bubuk, lalu oleskan secara merata pada kulit Anda yang terkena panu. Lakukan pengobatan ini secara rutin maka Anda akan mendapatkan hasil sesuai dengan yang Anda inginkan.

Demikian tadi beberapa cara mengobati panu dengan menggunakan bahan alami. Penggunaan bahan alami sama bagusnya dengan menggunakan obat dengan unsur kimia. Selamat mencoba, semoga lekas sembuh.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Cara Mengobati Panu dengan Cepat"