Cara Mengobati Diabetes yang Sudah Parah

Diabetes atau yang biasa kita kenal dengan gula, atau kencing manis ini adalah penyakit yang terjadi karena kelainan pada metabolisme tubuh. Kelainan ini timbul karena beberapa faktor, namun penyebab utamanya terjadi karena glukosa yang terjadi di dalam darah memiliki kadar yang tinggi, sehingga insulin dalam tubuh tidak bekerja dengan baik. Sebab itulah cara mengobati diabetes yang sudah parah terkadang harus menggunakan suntik insulin. Selain itu diabetes parah biasanya juga harus melakukan cuci darah.

Cara Mengobati Diabetes yang Sudah Parah

Gejala Penyakit Diabetes Mellitus

Mungkin karena kurangnya pengetahuan, maka gejala-gejala yang datang pada diri tidak dihiraukan, atau mungkin mengetahui namun menganggap enteng sebuah gejala. Jika Anda menemukan beberapa gejala penyakit diabetes berikut, maka ini perlu diwaspadai.

1. Turun Berat Badan
Penurunan berat badan secara drastis tanpa diketahui penyebabnya, atau kegemukan secara drastis. Kebanyakan orang menyukai angka kecil untuk urusan berat badan. Namun jika berat badan Anda turun secara tiba-tiba mungkin saja ini disebabkan oleh sebuah penyakit yang bersarang di tubuh Anda.

Mencegah tentu saja lebih baik daripada mengobati, karena cara mengobati diabetes yang sudah parah akan sangat sulit dilakukan. Penderita diabetes memiliki penggunaan glukosa yang tidak berlangsung normal, sehingga timbunan lemak dijadikan energi oleh tubuh.

2. Mudah Lelah
Mudah merasa lelah juga merupakan salah satu ciri dari sakit diabetes. Jadi jangan abaikan jika ini terjadi pada Anda. Segera lakukan pengecekan darah untuk mengetahui apakah Anda mengalami diabetes atau tidak.

3. Sering Haus
Rasa sering haus adalah sesuatu yang wajar. Namun jika Anda merasa sering haus dengan berlebihan, maka Anda harus waspada pada keadaan ini.
Baca juga: Tipe-Tipe Penyakit Diabetes yang Perlu Diketahui!

Tips Mencegah Penyakit Diabetes Dengan Mudah

Tidak bisa dipungkiri, penyakit diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Namun demikian beberapa tips mencegah penyakit diabetes bisa Anda lakukan untuk menghindari terjadinya diabetes ini. Jika Anda melakukan tips berikut cara mengobati diabetes yang sudah parah bisa ditangani.

1. Olah raga
Aktivitas fisik yang dilakukan seseorang, dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas pada insulin. Olah raga seperti senam, jalan kaki, dan tenis yang Anda lakukan dapat membantu mengendalikan diabetes. Setidaknya hal ini dapat mengurangi diabetes type 2 sebanyak 30%.

2. Mengganti Menu Makanan
Nasi memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi. Karenanya akan lebih baik jika Anda mengganti menu makanan Anda dengan umbi-umbian seperti kentang, ketela pohon, talas. Atau, Anda juga bisa mengganti nasi dengan jagung atau gandum.

3. Minum Kopi
Cara mengobati diabetes yang sudah parah bisa dengan meminum kopi setiap hari. Paling tidak 6 gelas perhari dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 30%. Namun karena konsumsi kopi secara berlebihan bisa menyebabkan timbulnya penyakit yang lain, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi secukupnya.
Baca Juga: Gejala yang Timbul pada Penyakit Kencing Manis

Pengobatan Penyakit Diabetes Secara Alami

Untuk mengobati penyakit diabetes, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Disamping mudah, cara ini juga murah dan efektif. Bahkan cara kerja obat alami yang pelan tapi pasti bisa membuat penyakit hilang sama sekali dan tidak kambuh lagi.

1. Daun Sirsak
Cara mengobati diabetes yang sudah parah bisa dengan menggunakan daun sirsak. Caranya sangat mudah, ambillah 7 lembar daun sirsak kemudian rebus dengan menggunakan 3 gelas air. Setelah tersisa kira-kira satu gelas, matikan kompor lalu minum air rebusan ini sebagai pengobatan penyakit diabetes. Lakukan secara rutin setiap pagi dan sore hingga gula darah Anda normal kembali.

2. Petai Cina
Petai yang berbentuk lebih kecil dari petai biasanya ini berbentuk pipih dan baunya tidak terlalu menyengat seperti petai biasa. Cara mengobati diabetes yang sudah parah dengan petai cina dapat dilakukan setiap hari secara rutin. Caranya, ambil beberapa petai cina yang sudah tua dan kering di pohon, keluarkan bijinya. Sangrai petai cina hingga matang, lalu tumbuk hingga halus. Bubuk petai ini bisa dimakan langsung sebanyak satu sendok perhari atau bisa juga diminum dengan menggunakan air hangat bersama ampasnya.

Nah, demikian tadi cara pengobatan diabetes yang sudah parah dengan cara alami. Selamat mencoba.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Cara Mengobati Diabetes yang Sudah Parah"