Pantai Balekambang - Tanah Lot di Pulau Jawa

Salah satu objek wisata di Bali yang paling terkenal adalah Tanah Lot. Disana para pengunjung bisa melihat sebuah pura Hindu yang berdiri dengan anggun pada batu raksasa dan menghadap ke samudera yang luas. Selain itu, di Tanah Lot terdapat pasir putih yang seolah-olah merangkul gelombang yang menghampiri pesisir pantai. Di pulau Jawa, ternyata ada juga pemandangan cantik seperti halnya di Tanah Lot yakni pemandangan di objek wisata pantai Balekambang. Pantai ini berlokasi di Desa Srigoco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Jawa Timur. Pantai yang indah ini merupakan tujuan wisata utama di provinsi Jawa Timur selain Kota Batu dan Gunung Bromo. Pantai Balekambang tepatnya berada di, sekira 70 kilometer arah selatan Kota Malang.

Pantai Balekambang - Tanah Lot di Pulau Jawa
Pantai Balekambang sering ditandai dengan 3 pulau batu yang diberi nama sesuai dengan tokoh pewayangan yakni Pulau Wisanggeni, Pulau Anoman dan Pulau Ismoyo. Pulau Wisanggeni dan Pulau Ismoyo terhubung ke pantai oleh sebuah jembatan beton yang memiliki panjang sekitar100 meter. Di Pulau Ismoyo terdapat bangunan Pura Amerta Jati atau sering juga disebut Pura Ismoyo. Pura tersebut mempunyai karakteristik yang sangat berbeda jika dibandingkan pura-pura Hindu di pulau Bali. Wisatawan bisa menikmati pemandangan candi di pulau batu beserta jembatan penghubungnya yang terlihat cantik dan menakjubkan. Pesona kecantikan objek wisata ini akan semakin terlihat menakjubkan ketika matahari terbenam karena pengunjung bisa menikmati siluet pura berlatarbelakang langit senja.
Baca juga:
- Travelling di Pulau Belitung
- Raja Ampat - Surga Dunia Para Penyelam
- Tips Berwisata Ke Luar Negeri
Pura Amerta Jati (Pura Ismoyo) dibangun pada tahun 1985 oleh Bupati Malang saat itu yakni Edi Slamet. Pura ini dirancang dengan desain yang hampir mirip dengan pura di Tanah Lot Bali. Saat perayaan hari raya nyepi, di pulau ini dilaksanakan ritual keagamaan yang disebut Jalani Dhipuja sebagai bagian dari rangkaian perayaan Saka atau Tahun Baru umat Hindu. Puncak ritual Jalani Dhipuja adalah Jolen Larung atau ritual melarung persembahan atau sesajian ke laut sebagai simbol dari rasa syukur umat hindu pada Tuhannya. Jolen Larung juga dilakukan oleh umat Hindu untuk menangkal kemalangan di masa mendatang.

Karena lokasi pulau yang terpencil, maka dianjurkan untuk menggunakan mobil dengan cara menyewa dari kota Malang atau Surabaya. Perjalanan dari kota Surabaya ke Malang akan membutuhkan waktu 2-3 jam tergantung kondisi kepadatan lalu lintas. Dari kota Malang, diperlukan waktu selama 2-3 jam lagi untuk sampai ke lokasi wisata pantai Balekambang. Ketika sudah mendekati lokasi wisata, jalur perjalanan akan sedikit bergelombang, ruas jalan semakin menyempit dan sejumlah tikungan tajam yang berliku. Walaupun lokasinya terpencil, pantai Balekambang ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh para wisatawan yang datang. Disana terdapat warung makan sederhana, restoran, toko oleh-oleh (souvenir), toilet umum, pos penjagaan pantai dan penginapan.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Pantai Balekambang - Tanah Lot di Pulau Jawa"