Manfaat Diet Detoks Untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Diet Detoks akhir-akhir ini menjadi pilihan para wanita untuk menurunkan berat badan, karena selain diklaim bisa menurunkan berat badan hanya dengan minum jus, diet cara ini juga tidak memerlukan waktu yang terlalu lama, yaitu hanya membutuhkan waktu tiga sampai tujuh hari saja.

Turunkan Berat Badan dengan Detoks Diet

Diet detoks berfungsi untuk menetralisir dan menghilangkan semua racun yang berada di dalam tubuh manusia. Bila kadar racun sudah sangat banyak, maka bisa membahayakan seluruh jaringan di dalam tubuh dan kemudian menghambat semua aktifitas sel-sel tubuh.

Racun tersebut akan memberikan tekanan pada organ-organ tubuh yang lain dan menghasilkan masalah fisiologis pada mental dan fisik manusia. Racun biasanya berasal dari makanan atau minuman tidak sehat yang dikonsumsi setiap hari secara tidak sadar. Pola hidup yang tidak sehat serta kurangnya olahraga akan berperan besar besar terhadap peningkatan jumlah racun yang ada di dalam tubuh.

Organ tubuh mausia seperti usus, hati, ginjal dan kulit sebenarnya berfungsi secara aktif dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Namun, alangkah lebih baik jika melakukan detoksifikasi supaya organ-organ tersebut tidak kewalahan saat mengeluarkan semua racun dalam jumlah yang banyak dari dalam tubuh.

Diet detoks merupakan diet jangka pendek yang bertujuan untuk mengurangi bahan kimia yang berada di dalam tubuh. Disarankan agar memperbanyak asupan makanan yang memiliki kandungan vitamin, zat antioksidan serta nutrisi lain yang diperlukan tubuh dalam proses detoksifikasi.

Detoksifikasi meliputi pembersihan internal di dalam tubuh dan juga regenerasi sel yang tidak lagi berfungsi. Diet detoks menerapkan pola makanan dengan serat tinggi untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Serat dapat meningkatkan gerakan usus serta frekuensi buang air kecil dan besar. Selain itu, asupan gula dan lemak juga bisa dibatasi sehingga tubuh bisa memasuki tahap istirahat dari asupan makanan yang kurang sehat.
Baca Juga: Ketahui Cara Diet Berdasarkan Golongan Darah

Macam Diet Detoks yang Bisa Dicoba!

Menurut seorang penulis buku panduan diet Detoks yang berjudul "Fit for Life", Marilyn Diamond mengatakan bahwa diet Detoks yang paling sukses adalah diet yang memberikan paling banyak nutrisi, karena dengan nutrisi yang cukup bisa membantu menjaga keseimbangan atau mempertahankan kesehatan.

Sedangkan untuk macam diet detoks yang bisa Anda coba sendiri dirumah ada dua macam yaitu diet detoks seimbang dan probiotik.

Detoks Seimbang
Sedangkan untuk diet Detoks sendiri bisa dikategorikan dalam dua jenis yaitu diet Detoks seimbang dan probiotik. Perbedaan dua jenis diet Detoks ini adalah terletak pada cara melakukannya dan jenis makanan atau minuman yang dianjurkan

Untuk diet Detoks seimbang seperti yang disarankan oleh Marilyn Diamond, memerlukan makan yang teratur dengan empat kali makan per hari dengan dimulai mengkonsumsi buah anggur yang dikupas dan dipotong-potong saja.

Setelah itu dilanjutkan dengan mengkonsumsi salad yang berisi potongan kacang, apel, kismis, seledri, dan buah blueberry. Untuk dressing salad bisa menggunakan jus lemon segar yang dicampur dengan satu sendok makan almond butter disertai air jahe dan juga sedikit kayu manis cincang.

Untuk makanan ketiga dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai jenis sayuran seperti timun, tomat, seledri, bayam, dan paprika. Bisa juga ditambahin dengan yogurt, potongan alpukat, dan juga salsa.

Dan untuk makanan terakhir atau makan malamnya dianjurkan untuk mengkonsumsi fillet ikan dengan butter yang didampingi dengan mangga, sayuran hijau, pepaya, potongan stroberi, minyak zaitun, sedikit taburan cabe merah dan juga aplukat yang sudah dicampur dengan jeruk nipis.

Selain mengkonsumsi empat kali per hari dengan menu-menu tersebut, Diamond juga menyarankan untuk mengkonsumsi teh hijau peppermint sepanjang hari. Hal ini bermanfaat untuk membuang lemak dan menjaga kesehatan usus selama menjalani Detoks seimbang.

Detoks Probiotik
Sedangkan untuk Detoks probiotik seperti yang disarankan oleh ahli nutrisi dan juga seorang penulis The Yogurt Diet, Anna Luque yaitu dengan menghilangkan semua makanan yang mungkin merugikan tubuh dan menyebabkan inflamasi.

Luque menyarankan untuk mengganti makanan seperti makanan berproses, gula, cuka, gandum, dan susu pasteurisasi dengan dengan mengkonsumsi empat sampai lima ons greek yogurt dengan bakteri probiotik hidup tiga kali sehari.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Manfaat Diet Detoks Untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat"