Penyebab Penyakit Stroke

Stroke merupakan kondisi terganggunya aliran darah menuju otak yang diakibatkan oleh pembekuan darah. Stroke juga bisa disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah atau arteri.

Oksigen dan glukosa dalam darah yang kurang juga merupakan penyebab lain dari kerusakan otak serta kematian sel-sel pada otak. Stroke bisa menyebabkan hilang ingatan, kebisuan dan gangguan fatal pada organ vital manusia.


Terdapat 2 jenis stroke yang umum di dunia medis yakni ischemic dan hemorraghic. Jenis stroke yang pertama merupakan penyakit stroke yang umum dan sudah menimpa 75 persen dari seluruh pengidap stroke di dunia. Stroke ini dapat terjadi saat terjadi gumpalan darah yang mengganggu jalannya aliran darah menuju otak.

Stroke jenis kedua umumnya dapat terjadi saat darah mengisi ruang di antara tengkorak dan otak. Gangguan ini bisa disebabkan saat salah satu arteri atau pembuluh darah di otak ada yang pecah.

Tingkat keparahan dari penyakit stroke bisa tergantung pada area atau bagian dimana stroke terjadi. Bila kondisinya masih tergolong ringan maka pengidap stroke dapat mengalami organ lengan yang lemah, sulit untuk bergerak dan gangguan pada kandung kemih.

Penyebab Penyakit Stroke

Stroke yang sudah sangat parah bisa menyebabkan lumpuh dan kematian. Penyakit stroke terjadi saat trombus mengganggu atau menghambat aliran darah menuju otak.

Trombus atau gumpalan bisa muncul saat arteri rusak oleh penimbunan lemak yang terlalu banyak di dalam darah. Gumpalan tersebut juga bisa disebabkan oleh denyut jantung yang sangat tidak teratur.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Penyebab Penyakit Stroke"