Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan penyebab utamanya yakni hipertensi primer dan sekunder. Tekanan darah tinggi seringkali menimpa orang dewasa dan tidak berkaitan langsung dengan hanya satu masalah kesehatan saja.

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Terjadinya perubahan dalam organ arteri sering juga dikaitkan dengan munculnya gangguan hipertensi. Perubahan dalam organ arteri tersebut bisa meliputi berbagai penumpukan lemak, menebalnya dinding arteri dan juga kontraksi pada arteri kecil yang  sangat berlebihan.

Jenis hipertensi sekunder seringkali menimpa anak-anak sampai orang dewasa. Hipertensi sekunder merupakan akibat langsung dari suatu kondisi kesehatan yang kurang sehingga bisa mengakibatkan tekanan darah meninggi.

Penyebab tekanan darah tinggi sekunder adalah kelainan pada organ ginjal. Penyakit pada ginjal merupakan penyebab umum dari jenis hipertensi sekunder. Organ ginjal pada dasarnya mengatur seluruh cairan di dalam tubuh manusia.

Saat terdapat masalah pada organ ginjal, maka volume dari darah pun akan meningkat secara drastis. Jumlah darah yang terlalu banyak untuk dipompa oleh arteri maka akan memerlukan tekanan yang semakin tinggi pula.

Tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh penyakit ginjal polikistik yang merupakan kelainan bersifat turunan. Polikisitik sering ditandai dengan munculnya kista pada organ ginjal.

Tekanan darah yang tinggi diakibatkan oleh adanya penyumbatan pada ginjal serta penyempitan pada pembuluh darah yang menuju ke organ renovascular. Kelainan pada hormon juga bisa menjadi penyebab jenis hipertensi sekunder.

Saat kelenjar tiroid mengeluarkan hormon tiroid yang sedikit maka kondisi tersebut bisa meningkatkan tekanan darah.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Penyebab Tekanan Darah Tinggi"