Ternyata Menangis Bermanfaat bagi Kesehatan

Diwaktu kita kecil dulu, tentunya sering menangis, entah itu disaat kita digangguin oleh tetangga yang gemas dengan kita atau disaat kita merasa kelaparan. Bahkan sampai dewasapun kita juga masih menangis, jika kita mengalami suatu hal yang membuat hati sedih. Terlebih hal ini terjadi kepada wanita yang sedang mengalami putus cinta.

manfaat menangis untuk kesehatan mata
Bayi Menangis
Menangis terjadi secara alami, sebuah hal yang wajar, dan semua orang mengalami hal ini. Tetapi tahukah kalau menangis itu memiliki manfaat bagi kesehatan? Seperti dilansir dari Psychologytoday, setidaknya ada 4 manfaat menangis buat kesehatan:

1. Dapat Membunuh Bakteri

Menurut para ahli, dalam air mata seseorang itu terdapat yang namanya enzim yang fungsinya untuk membersihkan dan membunuh bakteri yang ada di dalam mata kita. Dan diketahui bahwa enzim tersebut bahkan lebih baik dibandingkan dengan obat tetes buatan yang sering kita gunakan sehari-hari untuk mengatasi mata kita dari debu atau mata memerah.

2. Melembabkan Mata

Dengan keluarnya air mata dari mata kita, mata kita akan menjadi lebih lembab, oleh karena itu, mata kita bisa terhindar dari kering, iritasi dan rasa perih bila kita menangis dan mengeluarkan air mata. Hal ini memang seringkali membuat orang yang menangis mengalami mata merah, meskipun begitu, mata merah karena menangis tetap lembab dan terjaga kesehatannya.
Baca juga: Cara Mencegah Gejala Asma

3. Perasaan Lega

Terkadang dengan menangis itu menjadi sebuah obat untuk menghilangkan masalah, iya hal ini sangat tepat sekali, karena dengan menangis membuat perasaan menjadi lega. Meskipun hanya membuang sebagian beban yang mengganggu pikiran, tetapi perasaan lega ini yang bisa membuat kita kemudian berpikir lebih jernih dan lebih fresh untuk menghadapi masalah yang sebenarnya.

4. Mengurangi Stres

Seorang ahli air mata yang bernama Dr. William Frey dari Ramsey Medical Center mengatakah bahwa air mata manusia mengandung hormon stress dan mengandung 98% air. Dan ketika kita menangis karena merasa sedih atau karena tekanan, air mata akan ikut mengeluarkan hormon stres dari dalam tubuh kita.


Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Ternyata Menangis Bermanfaat bagi Kesehatan"