Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Odang

Sosok Oesman Sapta Odang beberapa waktu terakhir ini memang menjadi buah bibir di kalangan politisi dan juga masyarakat Indonesia. Oesman yang merupakan pengusaha dan pemilik perusahaan OSO Grup ini sempat di calonkan untuk menjadi ketua MPR RI yang diusung oleh PPP dan juga Koalisi Indonesia Hebat beberapa waktu lalu.

Namun Oesman akhirnya harus kalah dari Zulkifli Hasan melalui voting. Zulkifli sendiri yang berasal dari Partai Amanat Nasional diusung oleh Koalisi Merah Putih. Dengan hasil ini membuat Oesman kembali menduduki kursi wakil Ketua MPR RI untuk masa jabatan 2014 hingga 2019. Sebelumnya ia juga pernah menduduki jabatan yang sama pada masa periode 1999 hingga 2004.
image source: batamtoday.com

Profil Oesman Sapta Odang

Politisi dan pendiri Partai Persatuan Daerah, Oesman Sapta Odang lahir di Sukadana Kalimantan Barat pada tanggal 18 Agustus 1950. Oesman lahir dari pasangan Odang dan juga Asnah Hamid. Sang ayah asli Palopo Sulawesi Selatan. Sementara sang ibu sendiri berasal dari daerah Sulit Air, Solok, Sumatera Barat.

Oesman sendiri merupakan penguasaha sukses yang memiliki perusahaan OSO Grup. Perusahaan milik Oesman ini bergerak di bidang percetakan, pertambangan, air mineral dan properti. Selain itu area perkebunan, perikanan, transportasi dan komunikasi serta perhotelan saat ini juga digelutinya. Oesman juga membangun rumah gadang di daerah Sulit Air sebagai obyek wisata yang juga memperkenalkan pariwisata daerah kelahirannya tersebut.

Di tahun 2012 lalu, Oesman akhirnya menunjuk Tanri Abeng guna menduduki posisi CEO OSO Group untuk menggantikan dirinya yang lebih memilih untuk berkonsentrasi di dunia politik. George Toisutta juga ikut serta dipilih oleh Oesman untuk menduduki kursi komisaris utama bersama sang anak Raja Sapta Oktohari yang menjabat sebagai Direktur Utama OSO Grup ini.

Kariernya di dunia bisnis dan politik memang terbilang cukup sukses. Oesman pernah menjadi komisaris perusahaan penerbangan Lion Air. Lalu di periode tahun 1998 hingga 2004, Oesman menjabat sebagai Ketua Kadin Daerah Propinsi Kalimantan Barat. Di waktu yang sama ia menjadi Wakil Ketua MPR RI untuk periode 1999 hingga 2004. Langkah ke kursi Wakil MPR RI sendiri berkat posisinya yang menjadi Ketua Umum DPP Partai Persatuan Daerah pada periode 2002 hingga 2004.
Baca juga: Inilah Gaji KPK Indonesia Terbaru
Di tahun 2002, ia ditunjuk untuk menjadi ketua umum pengurus pusat KKI hingga tahun 2011. Di tahun yang sama Oesman juga ditunjuk untuk menjadi ketua umum Asosiasi Koperasi Kelapa Indonesia yang masih berjalan hingga saat ini. Sementara di tahun 2010, ia menjadi ketua umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia atau HKTI yang masih ia jabat.

Di pemilihan ketua MPR RI beberapa waktu lalu, Oesman memang menghadapi lawan berat yaitu Koalisi Merah Putih yang mampu mengusung Zulkifli Hasan untuk menduduki kursi ketua MPR. Koalisi Indonesia Hebat dan Partai Persatuan Pembangunan yang mengusung dirinya akhirnya gagal. Namun Oesman Sapta Odang mengaku tidak kecewa dengan hasil tersebut.

Saat ini tugasnya untuk mengawal Pancasila dan juga mempersatukan DPR dan juga DPD agar tidak timbul perpecahan. Oesman juga mengatakan bahwa rumor mengenai kudeta pelantikan Jokowi tidak akan terjadi. Ia menambahkan bahwa Prabowo kemungkinan besar akan ikut hadir dalam proses pelantikan Presiden RI tersebut yang akan digelar di gedung MPR – DPR dimana ia dan Zulkifli Hasan akan melantik Joko Widodo sebagai Presiden RI masa periode 2014 – 2019.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Odang"