Cara Aman Mengobati Flu dan Batuk

Cara Aman Mengobati Flu Dan Batuk. Flu dan batuk merupakan gejala influenza yang kerapkali menyerang setia orang diberbagai usia. Penyakit flu maupun batuk memang terbilang lumrah, dan biasanya terjadi saat pergantian musim yang tidak menentu. Namun, meskipun penyakit ini cukup ringan, Anda jangan menyepelekan kedua penyakit ini. Ada banyak cara mengobati flu dan batuk yang bisa Anda coba. Jika flu dan batuk menyerang, sebaiknya pertama kali Anda mengatasinya dengan obat-obatan alami terlebih dahulu. Influenza juga merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus influenza.

Penyakit influenza meskipun ringan, namun sangat mengganggu terutama di area-area pernafasan seperti hidung, paru-paru dan tenggorokan. Selain itu, penyakit ini juga dibilang sangat mudah menular melalui banyak cara, seperti kontak langsung, batuk-batuk, dari makanan atau minuman saat berbagi dengan penderita. Maka dari itu, untuk mencegahnya kita harus lebih hati-hati. Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara aman mengobati flu dan batuk tanpa menimbulkan efek samping. Cara ini juga paling efektif meskipun tahap penyembuhannya membutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar.

Cara Aman Mengobati Flu dan Batuk

Tips Cara Aman Mengobati Flu dan Batuk

Influenza merupakan penyakit yang menyerang area pernafasan. Gejalanya juga terdiri dari demam, pusing, badan menggigil, nyeri otot, batuk-batuk, nyeri tenggorokan dan lain sebagainya. Namun, ada beberapa cara aman mengobati flu dan batuk berikut ini yang wajib Anda ketahui untuk mengobati influenza secara efektif.

1. Banyak minum air putih

Air putih memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi tubuh. Tak hanya itu, air putih juga sangat baik untuk meringankan gejala influenza dan membersihkan kuman-kuman pada tenggorokan yang menyebabkan terjadinya influenza tadi. Cara alami mengobati flu dan batuk ini sangat efektif sebagai tindakan pertama saat gejala-gejala influenza mulai muncul.

2. Coba berkumur

Flu memang sangat mengganggu area tenggorokan dan hidung. Cara aman mengobati flu dan batuk selanjutnya adalah dengan berkumur menggunakan air hangat. Anda bisa mencampurkan air dengan beberapa rempah-rempah alami seperti kunyit, jahe, kencur dan cuka apel.

3. Ramuan tradisional jahe dan madu

Cara efektif mengobati flu dan batuk selanjutnya adalah dengan memanfaatkan ramuan tradisional campuran jahe dan madu. Adapun cara meracik ramuan ini adalah dengan mencampurkan ½ sdt madu dan ½ sdt jahe, lalu minum dengan teratur sebanyak 3 kali dalam sehari.

4. Minuman air hangat

Untuk mengurangi influenza atau hidung mampet saat flu, sebaiknya banyak mengkonsumsi air hangat. Cairan yang sedikit panas atau hangat bisa meringankan flu pada tubuh Anda. Selain itu, banyak minum juga mencegah terjadinya dehidrasi saat influenza.

5. Aroma terapi

Cara aman mengobati flu dan batuk berikutnya adalah dengan mengoleskan aroma terapi seperti minyak kayu putih yang memiliki kandungan mentol pada bagian tenggorokan atau dada. Anda juga bisa sesekali menghirup aroma terapi yang berasa mentol untuk menyegarkan pernapasan.

6. Mencoba Ramuan Madu dan Kunyit

Tak hanya jahe dan madu saja, Anda juga bisa memanfaatkan ramuan kunyit dan madu dengan cara dicampurkan sebagai minuman herbal pereda flu. Untuk hasil yang maksimal, minum secara teratur ramuan ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

7. Terapi Uap Tradisional

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan terapi uap tradisional. Caranya yaitu dengan mendidihkan air panas pada panci lalu mencampurkan kayu putih atau rempah-rempah alami seperti jahe. Setelah itu, gunakan kain untuk menutupi bagian kepala Anda lalu letakkan wajah tepat diatas panci selagi airnya masih panas dan aroma dari rempah-rempah tercium. Cara ini paling efektif untuk meredakan pilek saat flu.

Ya, itulah 7 cara aman mengobati flu dan batuk yang bisa Anda coba sebagai bahan alami yang paling efektif tanpa menimbulkan efek samping.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Cara Aman Mengobati Flu dan Batuk"