Cara Mengobati Vertigo Akut dan Ketahui Penyebabnya

Penyakit vertigo merupakan jenis penyakit yang cukup berbahaya apabila menyerang manusia. Apalagi jika penyakit ini menjalar ke dalam bagian penting tubuh manusia seperti kepala, ia akan menggerogoti hingga dapat mengancam kelangsungan hidup seseorang jika dibiarkan tanpa penanganan serius.

Jika vertigo telah menyerang tubuh manusia dengan serius itu artinya vertigo sangat akut. Apabila seseorang sudah mencapai pada tingkatan ini, berarti dia harus mendapat penanganan intensif guna mencapai penyembuhan. Bagaimana cara mengobati vertigo akut yang menghinggap pada diri manusia?

Cara Mengatasi Vertigo saat Kambuh

Penyebab dan Cara Mengobati Vertigo Akut

Sebelum mengetahui cara mengobati vertigo akut alangkah lebih baiknya terlebih dahulu mengetahui apa sesungguhnya yang menjadi penyebab munculnya vertigo akut. Ada beberapa penyebab terjadinya vertigo, diantaranya adalah:

1. Gangguan pada telinga bagian dalam
Vertigo terjadi ketika seseorang mengubah posisi kepala dengan cepat. Hal ini merupakan adanya gangguan pada telinga bagian dalam seseorang. Pusing yang diakibatkan oleh vertigo ini akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan menit.

2. Adanya penyakit dalam sistem saraf pusat
Vertigo dapat terjadi karena adanya gangguan pada sistem saraf pusat yang disebabkan oleh penyakit seperti tumor, struk, atau kerusakan pada leher.

3. Migrain
Vertigo dapat terjadi jika dipicu oleh migrain. Sakit kepala yang disebabkan oleh migrain ini bisa berlangsung dalam hitungan menit atau dalam beberapa hari.

4. Adanya peradangan atau infeksi
Tubuh yang terkena infeksi seperti flu dapat mempengaruhi kinerja tubuh, seperti telinga bagian dalam yang dapat memicu timbulnya vertigo.

5. Adanya gangguan pada penglihatan
Selain berfungsi sebagai organ untuk melihat, mata ternyata berfungsi juga sebagai penyeimbang tubuh. Jika sewaktu-waktu terdapat gangguan pada penglihatan maka akan memicu terjadinya vertigo.

6. Mabuk kendaraan
Jika Anda sering bepergian dengan menggunakan kendaraan, baik darat, laut, maupun udara maka mabuk dalam kendaraan dapat memicu vertigo beraksi.

7. Posisi tidur
Dengan posisi kepala yang lebih rendah atau lebih tinggi saat tidur dapat menyebabkan gangguan vertigo.

Cara Mengobati Vertigo Akut Dengan Mudah

Setelah mengetahui penyebab dari vertigo, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara mengobati vertigo akut. Ada beberapa cara mengobati vertigo, diantaranya adalah:

  1. Melakukan latihan dengan cara berdiri tegak, membuka mata, kemudian menutup mata dan lakukan gerakan ini sebanyak lima kali.
  2. Melakukan gerakan kepala berputar. Caranya adalah tempelkan dagu ke dada kemudian putar kepala kea rah kiri dan ubah ke arah kanan, lakukan sebanyak tiga kali.
  3. Melakukan gerakan dengan wajah menghadap ke atas, kemudian turun ke bawah secara perlahan, kemudian naik lagi menghadap ke atas. Lakukan gerakan ini sebanyak lima kali.
  4. Melatih gerakan bola mata ke kanan dan ke kiri secara horizontal. Lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali, kemudian melakukan gerakan bola mata ke atas dan ke bawah secara vertical.
  5. Melakukan gerakan praktek otot mata dengan mengikuti arah objek yang bergerak. Cara mengobati vertigo akut ini dapat membuat mata menjadi lebih focus.

Selain melakukan gerakan tersebut, cara mengobati vertigo akut bisa dengan cara mengkonsumsi ramuan alami seperti meminum ramuan yang memiliki bahan seperti kayu manis. Di dalam kayu manis terdapat zat yang berkhasiat untuk mengurangi gejala rasa sakit vertigo.

Di samping itu, cara mengobati vertigo akut bisa juga dengan cara bekam. Pengobatan melalui cara bekam dapat bermanfaat dalam menyeimbangkan sistem saraf pada bagian kepala sehingga dapat mengurangi gejala vertigo akibat kerusakan sistem saraf.

Itulah beberapa penyebab vertigo dan cara mengobati vertigo akut yang merupakan penyakit yang menyerang bagian kepala pada manusia. Dengan mengetahui berbagai penyebab timbulnya vertigo kita dapat menghindari penyakit vertigo menyerang pada diri kita sendiri.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Cara Mengobati Vertigo Akut dan Ketahui Penyebabnya"