Jenis Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya di dunia. Seseorang dapat meninggal secara mendapatkan karena serangan jantung. Untuk itu Anda harus menjaga tubuh agar tetap sehat agar tidak terkena penyakit-penyakit berbahaya seperti penyakit jantung.

Namun jika Anda atau keluarga telah mengidap penyakit jantung, ini bukanlah akhir dari segalanya, karena Anda dapat mengontrol serangan penyakit jantung melalui gaya hidup yang sehat. Anda juga perlu mengontrol jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung.

Makanan Sehat untuk Asupan Jantung

Jantung merupakan organ untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Di jantung terdapat banyak pembuluh darah yang mengalirkan darah dari ujung kaki sampai ujung kepala. Oleh karena itu, kinerja jantung harus tetap stabil apabila Anda menginginkan tubuh yang sehat. Kesehatan jantung harus senantiasa dijaga. Anda tidak boleh sembarangan memperlakukan jantung Anda.

Perlu Anda ketahui, bahwa jantung adalah organ pertama yang diciptakan oleh Tuhan ketika Dia menciptakan tubuh manusia di dalam rahim. Dengan mengontrol jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita jantung maka Anda telah melakukan satu langkah efektif merawat penderita penyakit jantung. Satu langkah kecil akan sangat berarti untuk banyak hal-hal besar.

Apa Saja Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Penyakit Jantung?

Serangan jantung terjadi ketika jantung berhenti mengalirkan darah ke seluruh tubuh, sehingga penyakit jantung merupakan penyakit terganggunya fungsi aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh. Padahal darah yang mengalir membawa oksigen yang akan diedarkan ke seluruh tubuh.

Bisa dibayangkan bukan, jika aliran darah Anda terhenti dan oksigen tidak mengalir ke seluruh tubuh? Itulah sebabnya penyakit jantung harus diwaspadai. Penderita penyakit jantung juga harus dirawat dengan baik untuk mengontrol penyakitnya dan langsung menangani dengan baik apabila terjadi serangan dengan tiba-tiba. Jenis makanan yang tepat dibutuhkan untuk penderita penyakit jantung.

Penyakit jantung memiliki hubungan yang erat dengan penyakit stroke dan kolesterol. Biasanya penyakit jantung terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat dan memakan makanan yang sangat tidak dianjurkan bagi tubuh. Untuk itulah, Anda perlu memilih makanan-makanan tertentu yang dibolehkan dan dianjurkan bagi penderita penyakit jantung. Jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung yaitu:

- Makanan yang mengandung asam folat
Makanan yang mengandung asam folat sangat baik bagi penderita penyakit jantung. Makanan ini dapat ditemukan pada brokoli, bayam, dan sari buah jeruk.

- Makanan yang mengandung vitamin B6 dan vitamin E
Makanan dengan kandungan ini banyak terdapat pada pisang, beras merah, alpukat, gandung, dan kacang-kacangan.

- Makanan yang mengandung serat
Biasanya terdapat pada sayur-sayuran hijau. Makanan mengandung serat sangat baik bagi kesehatan jantung.

- Makanan yang mengandung betakaroten
Kandungan makanan ini terdapat pada wortel dan tomat.

Selain makanan di atas, Anda juga perlu mengontrol jenis makanan dan lauk pauk untuk disantap sehari-hari. Berikut ini merupakan jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita jantung.

- Ikan segar
Ikan segar memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik untuk merawat penderita jantung koroner. Omega tiga juga mampu menurunkan trigeliseda dan tekanan darah. Memakan makanan yang mengandung omega 3 secara rutin mampu mengurangi resiko kematian jantung koroner.

- Minyak zaitun.
Saat ini minyak zaitun sudah banyak terdapat di pasaran, baik di supermarket, apotik, maupun toko obat-obat herbal. Minyak zaitun merupakan makanan yang baik bagi penderita penyakit jantung karena mampu menurunkan kolesterol jahat dan trigeliseda. Meskipun begitu, kolesterol yang baik tetap dipertahankan.

- Buah berry
Buah berry banyak mengandung antioksidan yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

Bagaimana, apakah Anda sudah paham mengenai jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung? Ini adalah cara sederhana namun efektif untuk mengontrol penyakit jantung Anda maupun salah satu anggota kerabat Anda.

Selain untuk mengontrol penyakit jantung, makanan jenis ini juga dapat menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Jenis Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Penyakit Jantung"