Manfaat Tanaman Padi untuk Mengusir Nyamuk

Nyamuk merupakan binatang yang menjadi musuh manusia setiap hari. Gigitan nyamuk dapat menjadikan kulit terasa sangat gatal dan bentol-bentol. Nyamuk juga berpotensi menyebarkan penyakit malaria dan demam berdarah. Oleh sebab itu, nyamuk sangat dibenci oleh manusia. Ada berbagai produk obat pembasmi nyamuk yang tersedia di toko-toko, namun akan lebih alami bila menggunakan manfaat tanaman padi untuk mengusir nyamuk.

Manfaat Tanaman Padi untuk Mengusir Nyamuk

Obat pembasmi nyamuk yang biasa dijual di toko-toko ada yang berbentuk obat semprot yang disemprotkan di seluruh ruangan, obat nyamuk bakar, dan lotion yang diaplikasikan pada tangan dan kaki. Obat-obat tersebut memang praktis digunakan, namun terdapat kandungan bahan kimia yang mungkin menyebabkan gangguan pada kesehatan. Lalu, mengapa Anda tidak mencoba dengan obat pengusir nyamuk alami saja? Tanaman padi selain menghasilkan beras yang dapat kita konsumsi sehari-hari juga ternyata mempunyai fungsi ganda untuk mengusir nyamuk-nyamuk jahat. Berikut ini akan dipaparkan mengenai manfaat tanaman padi untuk mengusir nyamuk.

Padi yang sudah dipanen kemudian digiling untuk memisahkan antara beras dan jerami. Beras adalah yang kita gunakan setiap hari untuk dimasak dan dijadikan nasi. Kemudian jerami biasanya dibuang begitu saja atau ditempatkan pada sampah-sampah yang kemudian akan dibakar bersama sampah. Di sini yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk adalah jerami. Dengan begitu, sisa penggilingan padi ini dapat dimanfaatkan dengan baik, tidak hanya dibuang percuma. Bagaimana cara menggunakan jerami sebagai manfaat tanaman padi untuk mengusir nyamuk?

Cara memanfaatkan jerami sebagai pengusir nyamuk yaitu jerami atau sekam cukup dibakar, namun jangan dicampur dengan sampah-sampah lainnya. Pembakaran jerami ini bisa dilakukan di luar rumah atau di dalam rumah. Jika di dalam rumah pastikan aman, tidak berpotensi mengalami kebakaran. Mengapa jerami yang dibakar dapat digunakan untuk mengusir nyamuk? Karena nyamuk tidak menyukai bau pada jerami yang dibakar. Namun bukan berarti nyamuk bisa langsung terkapar dan mati, ini lebih kepada mengusir nyamuk saja agar tidak mendekati Anda. Nyamuk bisa saja berpindah tempat ke luar rumah yang tidak ada alat pengusirnya atau pindah ke rumah tetangga. Nah, Anda bisa memberikan informasi ini pula pada tetangga-tetangga Anda agar nyamuk juga tidak mendekati rumah mereka. Itulah manfaat tanaman padi untuk mengusir nyamuk. Di sini yang dimanfaatkan bukan tanaman padi yang masih di taman dan masih segar, tetapi yang dimanfaatkan adalah jerami.

Selain manfaat tanaman padi untuk mengusir nyamuk, ada lagi beberapa tanaman lain yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Anda dapat menaruh bunga geranium, lavender, zodiac, dan rosemary sebagai tanaman hias di dalam rumah. Namun tentunya Anda harus memperhatikan perawatan tanaman-tanaman tersebut agar tetap segar, tidak mudah layu, dan mati. Ada lagi tanaman yang masih sejenis dengan tanaman padi, yaitu serai. Anda bisa menanam serai di sekitar halaman rumah atau taman Anda. Bau menyengat dari tanaman serai tidak akan disukai oleh nyamuk.

Terlepas dari manfaat tanaman padi untuk mengusir nyamuk, Anda juga harus melakukan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan agar nyamuk-nyamuk tidak menyukai lingkungan tempat tinggal Anda. Pada dasarnya nyamuk senang hidup di tempat yang kumuh, banyak sampah, dan banyak air tergenang. Untuk itu, langkah-langkah untuk menghindari nyamuk berkembangbiak di tempat tinggal Anda adalah:

· Jika menggantung pakaian secukupnya saja, jangan terlalu banyak dan menumpuk. Ini karena nyamuk menyukai gantungan pakaian yang banyak.

· Hindari menumpuk barang-barang terlalu banyak. Tumpukan barang ini juga sangat disukai nyamuk sebagai sarangnya.

· Hindari genangan air. Nyamuk biasanya bertelur pada genangan air.

· Hindari menggunakan parfum beraroma bunga. Nyamuk menyukai aroma bunga, sehingga parfum beraroma bunga akan mengundang nyamuk untuk datang dan mengerubuti pakaian Anda.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Manfaat Tanaman Padi untuk Mengusir Nyamuk"