Bagaimana Cara Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang terdiri dari otot-otot dan pembuluh darah. Organ jantung berfungsi untuk memompa darah kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Oleh karena itu jantung disebut-sebut dengan organ tubuh pusat yang berperan sangat penting. Jika, jantung tidak berfungsi secara normal akibatnya seluruh bagian tubuh akan mengalami gangguan.

Olahraga untuk Kesehatan Jantung

Penyakit jantung seperti serangan jantung merupakan penyakit pembunuh nomor 1 di dunia. Penting sekali untuk tetap menjaga kesehatan jantung. Mempunyai jantung sehat tentunya dimulai dari melakukan kebiasaan sehat. (Baca juga: Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda)

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara merawat atau menjaga kesehatan jantung. Berikut caranya :

1. Berolahraga Secara teratur

Menjaga kesehatan jantung dimulai dengan membiasakan berolahraga secara teratur. Berolahraga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Olahraga dapat menjaga berat badan agar tetap ideal dengan cara membakar sejumlah kalori dan lemak di dalam tubuh yang dikeluarkan dalam bentuk keringat.

Kegiatan seperti berjalan kaki atau berjogging dapat memompa jantung menjadi lebih cepat sehingga sirkulasi darah di dalam tubuh menjadi lancar. Bagi sebagian orang, khususnya orang yang mempunyai kesibukan padat sangatlah sulit untuk mengatur waktu untuk berolahraga. Namun, olahraga tak harus dilakukan secara rutin. Sempatkan berolahraga minimal seminggu sekali dalam 30 menit untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk organ jantung.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Memilih mengkonsumsi makanan sehat sangatlah berpengaruh bagi kesehatan jantung. Penting itu mengonsumsi makanan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan susu. Untuk menjaga organ jantung dari penyakit sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi kolesterol, lemak, dan garam. Semua kandungan tersebut dapat mengentalkan darah sehingga organ jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah.

3. Kebiasaan Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain disekitarnya. Hal tersebut disebabkan karena perokok pasif lebih beresiko terkena penyakit jantung lebih tinggi, jika dibandingkan dengan mereka yang menjadi perokok aktif. Hindarilah kebiasaan tersebut agar tidak merusak kesehatan diri sendiri dan orang lain karena merokok dapat berpengaruh terhadap pembuluh darah dan jantung. (Baca juga: Cara Berhenti Merokok Bagi Perokok Berat)

4. Periksa Kesehatan secara Teratur

Memeriksakan kesehatan secara teratur merupakan hal yang sangat penting. Pada jaman modern ini sudah tidak sulit lagi untuk menemukan akses ketika ingin memeriksakan kesehatan ke dokter. Aturlah jadwal pada agenda kapan waktunya untuk memeriksakan kesehatan. Periksakan kesehatan dengan mengecek kadar gula darah dan tekanan darah. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa organ jantung tidak beresiko terkena penyakit jantung.

5. Memasak Makanan Sendiri

Mengonsumsi makanan dengan hasil memasak sendiri merupakan cara yang menyehatkan daripada membeli makanan di luar rumah. Pasalnya, membeli makanan yang berasal dari warung, rumah makan bahkan restoran dianalisis terdapat kandung MSG atau vitsin yang cukup tinggi.

Adanya berbagai kandungan kimia seperti pengawet buatan dan pemanis buatan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Jika mengolah dan memasak makanan sendiri, kita dapat memilih bahan-bahan yang baik dan sehat untuk diolah menjadi makanan yang enak.

Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Jantung

6. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Memperbanyak konsumsi air putih berfungsi untuk menjaga kestabilan dan keseimbangan cairan di dalam tubuh. Asupan air putih yang cukup dapat menyehatkan organ-organ di dalam tubuh termasuk jantung. Konsumsilah air putih 7-8 gelas setiap harinya.

7. Mengurangi Minum Minuman Beralkohol

Mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dapat merusak otot-otot jantung. Selain itu, minuman beralkohol dapat memicu adanya gangguan kesehatan lainnya. Sebaiknya, kurangi dan tinggalkan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman beralkohol.

8. Mengganti Camilan Dengan Kacang-kacangan Yang Sehat

Terlalu banyak mengemil atau jajan sembarangan dapat mempengaruhi dan mengurangi kesehatan jantung. Sembarang memilih camilan sangat beresiko dapat menganggu kesehatan tubuh karena banyak sekali camilan yang mengandung kolesterol jahat dan komponen berbahaya lainnya.

Sebaiknya, gantilah camilan dengan mengonsumsi kacang-kacangan yang sehat seperti kacang almond dan walnut. Selain itu, tetap harus memperhatikan porsinya dengan tetap mengonsumsi kacang-kacang tersebut secara bijaksana atau tidak berlebihan.

9. Disarankan Minum Teh Hijau Tanpa Gula

Teh hijau berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung karena memiliki kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan berfungsi untuk mencegah kerusakan pada pembuluh darah. Akan lebih baik untuk menyeduh teh hijau sendiri dan selalu membawanya saat beraktivitas di luar rumah.

Mengonsumsi teh hijau dalam kemasan botol atau kaleng yang dibeli di luar belum terjamin khasiatnya, kemudian sudah dipastikan membeli minuman dalam kemasan mengandung zat pengawet dan zat berbahaya lainnya. Sangatlah disarankan untuk mengonsumsi teh hijau tanpa gula dua kali dalam sehari.

10. Tidur Malam Berkualitas dan Cukup

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur sangat beresiko terkena penyakit jantung. Penelitian tersebut juga telah membuktikan bahwa orang akan memiliki penyakit serius adalah orang yang kurang tidur. Biasakanlah menerapkan tidur malam sekitar delapan jam setiap harinya.

Namun, ada pula beberapa orang yang memerlukan tidur lebih dari delapan jam setiap harinya. Jagalah kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya dengan cara yang telah dijelaskan pada kesempatan kali ini. Mengatisipasinya sejak dini dapat melindungi sebuah aset yang paling berharga, yaitu kesehatan.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Bagaimana Cara Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat"