11 Manfaat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan

Sinar matahari merupakan sinar yang sangat dibutuhkan oleh semua mahkluk terutama manusia untuk kelangsungan hidup, tanpa adanya sinar matahari, maka tidak akan ada kehidupan di dunia ini.

Manfaat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan

Berjemur selama 30 menit dibawah terik matahari pagi bisa bermanfaat bagi tubuh, tetapi jika berlebihan bisa mengakibatkan kulit terbakar karena kandungan ultraviolet yang dipancarkan. Berikut ini adalah manfaat dari berjemur dibawah terik matahari pagi:

1. Vitamin D

Sinar matahari merangsang tubuh untuk menghasilkan vitamin D. Bagian wajah, leher, lengan, dan kaki yang mendapat sinar matahari selama 10-15 menit bisa menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, vitamin D bisa meningkatkan penyerapan kalsium di usus dan transfer kalsium di membran sel yang berguna untuk kekuatan tulang.

2. Serotonin

Matahari bisa merangsang produksi serotonin (neurotransmitter di otak yang mengatur suasana hati). Jadi dengan semakin tinggi serotonin yang dihasilkan maka suasana hati akan lebih positif.

3. Melawan depresi

Sinar matahari dapat melepaskan endorfin yang bisa melawan dan mengurangi depresi. Endrofin ini sebenarnya adalah anti depresi alami yang sangat bermanfaat untuk kasus depresi musiman (seasonal affective disorder/SAD).

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Sinar matahari meningkatkan sirkulasi darah dengan cara melebarkan pembuluh darah di kulit. Dengan demikian akan lebih banyak nutrisi dan oksigen ke sel-sel serta membuat jantung sehat dengan menurunkan denyut nadi dan mengurangi tekanan darah.

5. Bermanfaat untuk kulit

Sinar matahari juga sangat bermanfaat bagi kulit yaitu bisa memperbaiki dan menurunkan manifestasi mark, bekar luka serta gangguan kulit seperti kondisi kulit kronis seperti jerawat, eksim dan psoriasis.

6. Mengurangi risiko kanker

Sintesis vitamin D dirangsang oleh sinar matahari sehingga secara signifikan membantu mengurangi risiko berbagai bentuk kanker seperti payudara, prostat, ovarium dan usus besar. Tapi perlu diingat agar tidak berlebihan berjemur dibawah sinar matahari, karena justru bisa menyebabkan kanker kulit.

7. Mencegah diabetes

Sebuah studi terbaru menunjukkan paparan sinar matahari yang cukup kemungkinan memainkan peran penting dalam membantu mencegah diabetes tipe 1 pada anak-anak dan menurunkan kadar gula darah dengan menstimulasi penyimpanan kadar gula di otot dan hati.

8. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Dengan berjemur dibawah sinar matahari bisa mendukung sistem kekebalan tubuh, tubuh akan memproduksi lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan penyakit lain yang dihasilkan oleh jamur, bakteri, atau virus.

9. Detoksifikasi tubuh


Sinar matahari dapat membantu mengeluarkan sampah dari dalam tubuh dengan meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan fungsi hati sehingga eliminasi sampah melalu darah lebih efisien.

10. Meningkatkan kualitas tidur

Sinar matahari meningkatkan produksi melatonin yang dibutuhkan agar kualitas tidur membaik. Perlu diketahui bahwa melatonin diproduksi oleh kelenjar pineal. Kelenjar ini adalah organ kecil seukuran kacang yang ditemukan di dasar otak.

11. Bermanfaat untuk perut

Sinar matahari baik untuk meningkatkan sistem pencernaan, meningkatkan nafsu makan, dan proses metabolisme.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "11 Manfaat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan"