Inilah 7 Tips Berbelanja Online di Harbolnas 2016

Mulai tanggal 12 sampai 14 Desember 2016 nanti, Indonesia akan melaksanakan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), tentunya nanti akan tersebar banyak sekali barang-barang dengan diskon yang menggoda iman kita. Tetapi bagaimana tips untuk berbelanja online di hari belanja online nasional?

Hari Belanja Online Nasional 2016

Hal utama yang harus ditentukan adalah memilah-milah barang yang akan kita beli dan utamakan beli barang yang bisa dimanfaatkan saat ini. Selain itu menurut saran dari Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi mengatakan bahwa konsumen harus lebih berhati-hati dan lebih waspada waktu berbelanja online, terlebih saat ini belanja online menjadi trend yang sangat tinggi dilihat dari semua sektor barang dan jasa.

Tulus juga menambahkan bahwa pengaduan terhadap pembelian secara online mengalami kenaikan secara signifikan dalam dua tahun terakhir ini. Dimana pada Tahun 2015 pengaduan terhadap pembelian online menempati nomor enam dari total 1033 pengaduan. Sedangakan untuk tahun ini meningkat lagi menjadi posisi tiga.

Maka dari itu Tulus juga menghimpau untuk para konsumen tidak memberikan data pribadi dengan mudah, karena menurutnya mayoritas konsumen saat dilakukan penelitian, masih banyak yang belum mengetahui resiko belanja online.

Tips Membeli Barang di Harbolnas 2016

Selain itu, berikut ini adalah beberapa tips yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber dan bisa Anda gunakan dalam berbelanja online:

1. Situs Jelas

Pastikan Anda berbelanja di situs yang sudah jelas. Hal ini bisa dilihat dari informasi dalam website baik itu customer services atau info lainnya. Selain itu, pastikan juga bahwa link toko menggunakan awalan https, karena dengan adanya s dibelakang http, maka bisa dipastikan website tersebut dienskripsi sehingga segala aktivitas Anda tidak bisa dibaca oleh orang lain

2. Kombinasi Password

Saat mendaftar pastikan Anda memasukkan kombinasi password. Untuk kombinasi password bisa menggunakan kombinasi dari huruf, angka, dan karakter. Dan pastikan tidak membagikan password dengan orang lain.

3. Manfaatin Harbolnas

Hari Belanja Online Nasional adalah kesempatan yang baik untuk berbelanja. Selain akan banyak sekali barang diskon, tentunya akan menghemat pengeluaran juga.

4. Baca Keterangan Produk

Baca keterangan produk yang akan dibeli dengan teliti. Hal ini tentunya harus menjadi prioritas dalam berbelanja online, karena kalau kita tidak membaca keterangan yang sudah dituliskan oleh penjual, presepsi kita dengan barang tersebut bisa tidak sama.

5. Baca Review Produk

Baca Review dari pembeli yang sudah pernah membeli. Biasanya untuk barang-barang yang sedang dicari pasti akan banyak sekali review terhadap barang tersebut, maka kita bisa memanfaatkan dengan membaca terlebih dahulu beberapa review dari produk yang akan kita beli.

6. Update Anti Virus.

Hal ini tentunya harus diperhatikan juga dalam berbelanja online, pastikan bahwa PC/Laptop dalam keadaan bersih tidak terjangkit virus/malaware. Karena hal ini bisa membahayakan data pribadi Anda seperti Kartu Kredit, Password, Email yang bisa dimanfaatkan oleh hacker.

7. Pemilihan Metode Pembayaran.

Meskipun saat ini untuk bertransaksi menggunakan kartu kredit sudah dibilang cukup baik, tetapi untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan dalam belanja online, maka hal ini harus diperhatikan.

Jadi itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menyambut Hari Belajna Online (Harbolnas) yang akan dilaksanakan pada 12-14 Desember 2016 nanti, semoga bermanfaat!

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Inilah 7 Tips Berbelanja Online di Harbolnas 2016"