Manfaat Olahraga Treadmill untuk Kesehatan Jasmani

Di tempat pusat kebugaran alias Gym, Treadmill sudah menjadi olahraga yang populer. Bahkan sekarang ini, Treadmill tak dijalankan di tempat pusat kebugaran saja, melainkan juga dijalankan di rumah sendiri oleh sebagian orang yang rajin berolahraga. Mereka memilih untuk membeli sendiri alat fitnes ini agar bisa digunakan kapanpun yang mereka inginkan. Alat fitnes ini bisa pula disesuaikan sesuai keinginan penggunanya. Pengguna bisa memilih mode jogging, lari cepat atau berjalan cepat.

manfaat olahraga treadmill untuk jantung

Treadmill memang sepintas sama dengan olahraga lari yang dilakukan di jalanan secara langsung. Akan tetapi sebenarnya tetap ada perbedaan antara berjalan ataupun berlari di treadmill ataupun di jalanan secara langsung. Salah satu kelebihannya, apabila di treadmill permukaannya lebih rata, tapi apabila di jalanan langsung permukaannya terkadang tidak rata dan memicu betis atau kaki bekerja lebih ekstra.

Di zaman yang modern seperti sekarang ini, memanfaatkan teknologi adalah hal yang sudah biasa. Dibalik pemakaian teknologi tentunya ada dampak positif dan negatifnya. Untuk treadmill misalnya, jika dibanding dengan lari secara langsung, akan lebih berkesan dan nikmat berlari di jalanan di pagi hari sembari menghirup udara segar di pinggir jalanan yang disisinya dipenuhi pohon-pohon dan pemandangan indah.

Nah, dalam kesempatan ini, mari kita ulas mengenai beberapa manfaat dari olahraga treadmill bagi kesehatan tubuh!

Manfaat Olahraga Treadmill Bagi Kesehatan

Membantu Melangsingkan Tubuh
Seperti halnya berlari langsung di jalan, ketika tubuh berlari maka seluruh bagian tubuh akan bergerak dan mampu membakar lemak. Tapi yang perlu dicatat adalah dengan porsi yang teratur. Jangan sampai kurang atau justru berlebihan. Olahraga treadmill dengan porsi yang benar akan membantu melangsingkan tubuh serta membuat tubuh menjadi terbentuk atau atletis.

Menurunkan Berat Badan
Treadmill akan membantu membakar kalori dalam tubuh sehingga bisa menurunkan berat badan. Olahraga ini juga bisa digunakan sebagai pendamping program diet. Supaya bisa berfungsi dengan baik, sebaiknya mengaplikasikannya lebih dari 30 menit. Kenapa? Hal itu karena pada waktu 30 menit pertama, tubuh biasanya hanya membakar glikogen.

Membantu Pengobatan Cedera Ringan di Persendian
Bagi penderita sakit di persendian ringan seperti di lutut, akan bisa terbantu proses pengobatannya dengan olahraga treadmill. Tak hanya itu, bagi penderita sakit punggung pun bisa terbantu proses penyembuhannya. Akan tetapi tetap dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan.


Mendeteksi Sakit Jantung Koroner
Dalam dunia medis, alat ini ternyata juga bisa dipakai untuk mendeteksi penyakit jantung koroner yang dialami oleh seseorang. Pada treadmill tes pasien, maka pasien akan disuruh untuk berlari di atas alat treadmill dengan kecepatan yang telah ditentukan sesuai dengan postur dan keadaan tubuh seseorang. Diperkirakan keakuratan dari tes ini bisa mencapai 78 persen.

Menyehatkan Jantung
Selain fungsinya yang bisa dipakai sebagai alat pendeteksi penyakit jantung koroner, ternyata treadmill bisa pula menyehatkan jantung. Treadmill yang dilakukan secara teratur dengan porsi yang cukup tanpa berlebihan akan membantu melancarkan sirkulasi darah.

Kelebihan lain dari treadmill adalah lebih praktis, bila Anda tak punya banyak waktu pergi ke luar rumah untuk lari-lari, maka alat fitnes yang satu ini bisa dibeli sendiri. Meskipun harganya tak murah, namun manfaatnya juga akan sebanding dengan harganya.

Olahraga semestinya bisa dilaksanakan setiap hari secara teratur dengan waktu dan porsi yang pas. Terkadang banyak orang yang menghilangkan atau meninggalkan kebiasaan ini dengan alasan yang macam-macam, seperti tak punya waktu atau bangun tidur yang kesiangan. Namun bagaimanapun, selama tubuh masih sehat, olahraga adalah aktivitas yang semestinya dilakukan.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Manfaat Olahraga Treadmill untuk Kesehatan Jasmani"