Tips Menjaga Sistem Pencernaan Agar Tetap Sehat Sepanjang Hari

Organ pencernaan merupakan bagian yang sangat penting dalam tubuh manusia. Karena sistem pencernaan lah yang mengatur setiap makanan yang kita konsumsi dengan berbagai proses hingga mengeluarkannya kembali. Oleh karena itu, menjaga kesehatan pencernaan merupakan hal yang wajib dilakukan supaya tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan.

tips menjaga kesehatan pencernaan secara alami


Sistem pencernaan berkaitan erat dengan makanan dan minuman. Maka dari itu, salah satu hal yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah dengan memperhatikan setiap makanan ataupun minuman yang dikonsumsi. Selain itu, diperlukan juga pola hidup yang sehat seperti tidur yang cukup, menghindari stres, olahraga teratur, dan sebagainya.

Adapun pengetahuan tentang kesehatan pencernaan juga sebaiknya harus dipelajari. Pengetahuan tersebut seperti meliputi makanan-makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari, serta mengetahui cara-cara untuk mencegah gangguan masalah pencernaan. Nah, kali ini kita akan berbagai mengenai beberapa tips untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat!

#Konsumsi Makanan Sehat

Sekarang ini, untuk membeli makanan sehat sudah tidak sesulit zaman dulu. Bahkan tanpa membeli pun bisa, seperti dengan mengambil hasil tanaman atau peternakan milik sendiri. Jika membeli di toko misalnya, juga sudah terdapat banyak pilihan makanan yang bisa dibeli. Akan tetapi kita harus cermat dalam memilih makanan.

Anda sebaiknya memasak makanan sehat setiap harinya, upayakan untuk membuat menu 4 sehat + 5 sempurna. Dimana menu tersebut terdiri dari;
-  Karbohidrat (jagung, nasi, kentang, dll)
-  Lauk (daging, tempe, tahu, ikan laut, dll)
-  Sayur (Bayam, Kubis, Wortel, dll)
-  Buah (Jeruk, Apel, Manggis, dll)
-  Susu (Susu Sapi, Kambing dll)

#Makan Secara Teratur pada Waktunya

Biasakanlah untuk makan teratur pada waktunya, jangan lupakan sarapan pagi, makan siang dan makan malam. Berusahalah untuk tidak menunda-nunda waktu makan. Makan yang teratur akan membentuk kebiasaan, apabila kebiasaan makan tepat waktu sudah terbentuk, maka tubuh pun akan semakin sehat.

#Makan Secukupnya Tidak Sampai Kekenyangan

Biasakan untuk makan secukupnya, jangan sampai kekenyangan atau sampai kurang kenyang karena terburu-buru. Makanlah dengan tenang dengan porsi yang cukup dan sesuai akan kebutuhan tubuh.

#Minum Air Putih yang Cukup

Air putih akan sangat baik bagi tubuh dan sistem pencernaan pastinya. Maka dari itu, biasakan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup, setidaknya 8 gelas sehari. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa air putih yang dikonsumsi adalah air putih yang baik dan jangan sampai salah. Karena akhir-akhir ini ada banyak pemalsuan air, seperti air isi ulang palsu dan sebagainya.

#Menjalani Pola Hidup Sehat

Menjalani hidup sehat akan sangat bagus untuk kesehatan. Selain itu hindari pula kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, begadang larut malam, malas berolahraga dan sebagainya.

#Mengatasi Stres

Stres adalah gangguan kesehatan mental yang memang susah untuk dihindari. Akan tetapi ketika stress, sebaiknya segeralah diatasi dan dikontrol supaya tidak menimbulkan masalah lain. Stres tentunya bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang.

Sistem pencernaan yang sehat akan menjadikan tubuh semakin sehat. Hari-hari pun akan menjadi lebih baik apabila tubuh dalam keadaan yang sehat, meskipun akan ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Dalam menjaga kesehatan, dibutuhkan komitmen dan konsistensi serta fokus. Ketiga hal tersebut amat penting untuk menciptakan kebiasaan pola hidup sehat mulai dari sekarang.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Tips Menjaga Sistem Pencernaan Agar Tetap Sehat Sepanjang Hari"