5 Keuntungan Tidur Tanpa Bantal untuk Kesehatan Tubuh

Tidur merupakan kebutuhan semua insan yang hidup di dunia ini baik manusia maupun hewan. Tidur merupakan kegiatan akhir yang diperlukan untuk menghilangkan rasa lelah setelah melakukan berbagai aktivitas seharian penuh. Tidur juga bisa dikatakan sebagai cara untuk mengisi energi di dalam tubuh.
manfaat tidur tanpa bantal untuk kesehatan

Siapa menduga, bahwa kebiasaan tidur manusia telah menarik perhatian orang-orang yang kreatif untuk menciptakan tempat tidur yang nyaman dengan berbagai variasi. Ratusan tahun yang lalu manusia hanya tidur beralaskan tanah. Kemudian, seiring berkembangnya jaman manusia tidur menggunakan alas yang disebut dengan kasur. Tekstur kasur yang empuk dan nyaman akan membuat tidur seseorang menjadi nyaman hingga terlelap.
Baca Juga: Tips Menjaga Sistem Pencernaan Tubuh
Selain kasur, juga terdapat pula bantal yang dibuat sebagai penyangga kepala ketika tidur. Menggunakan batal pada saat tidur memang akan memberikan rasa lebih nyaman. Namun, para ahli menyarankan agar tidur tanpa menggunakan batal. Informasi ini cukup mengejutkan terutama bagi mereka yang belum terbiasa tidur tanpa menggunakan bantal.

Para ahli mengungkapkan bahwa tidur tanpa menggunakan batal dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh, khususnya bagi orang dewasa. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai 5 manfaat tidur tanpa menggunakan batal.

Manfaat Tidur tanpa Bantal yang harus Anda ketahui:

1. Mencegah sakit Leher

Posisi tidur yang salah akibat menggunakan batal dapat membuat rasa sakit pada leher. Rasa sakit pada leher disebabkan karena adanya rasa kaku pada otot-otot leher sehingga terjadi nyeri. Sakit leher akan membuat seseorang merasa kesulitan untuk menoleh. Pencegahan sakit leher bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk mengubah posisi tidur dengan cara yang baik dan benar. Namun, para ahli lebih menyarankan untuk tidak menggunakan batal ketika tidur. Hal tersebut merupakan cara efektif yang berfungsi untuk mencegah rasa sakit di bagian leher.

2. Mencegah Kerutan Pada Wajah

Tidur tanpa menggunakan bantal ternyata sangat berguna untuk mencegah terjadinya kerutan pada wajah. Hal tersebut disebabkan karena posisi wajah akan menjadi lebih tinggi dan akan lebih terpapar oleh udara. Posisi wajah yang lebih tinggi akan menyebabkan kulit wajah menjadi lebih efektif dalam melakukan proses regenerasi di malam hari.

3. Tidur Menjadi Lebih Nyaman

Tidur tanpa menggunakan batal dapat membebaskan tubuh untuk bergerak. Tidur menggunakan batal dapat membatasi gerakan ketika tidur karena adanya batal yang membatasi gerakan. Tidur tanpa menggunakan batal dapat membuat tubuh menjadi leluasa untuk bergerak, sehingga tidak dapat mengganggu rasa nyaman pada saat tertidur lelap.

4. Meluruskan Tulang

Tidur tanpa menggunakan batal merupakan cara efektif yang bertujuan untuk meluruskan tulang dan otot-otot lelah setelah beraktivitas seharian. Hal tersebut disebabkan karena tidur tanpa menggunakan batal akan membuat posisi tubuh menjadi lurus. Jika dilakukan secara terus-menerus akan membuat posisi tulang menjadi lurus sesuai tempatnya, ini juga merupakan salah satu cara untuk mencegah resiko terkena osteoporosis.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah

Ketika tidur tanpa menggunakan bantal posisi tidur menjadi lebih lurus karena tidak adanya penyangga kepala yaitu, bantal. Hal tersebut dapat mempermudah proses pernapasan, sehingga oksigen yang terhirup menjadi lebih banyak. Oksigen yang masuk di dalam tubuh berfungsi untuk mengikat sel-sel darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

Mencoba tidur tanpa menggunakan bantal pada awalnya memang sulit untuk dilakukan karena belum terbiasa. Namun, jika dilakukan secara terus-menerus akan menjadi sebuah kebiasaan yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Setelah membaca informasi ini, masih ragukah untuk mencobanya?

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "5 Keuntungan Tidur Tanpa Bantal untuk Kesehatan Tubuh"