Buah Leci Kaya Akan Nutrisi yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Leci merupakan buah yang memiliki bentuk yang hampir sama dengan buah rambutan. Leci memiliki kulit luar berwarna merah, berbentuk bulat dan di dalamnya terdapat biji yang dibungkus daging berwarna putih bening. Leci adalah salah satu buah yang memiliki rasa yang lezat dan mengandung kadar air cukup tinggi. Buah ini merupakan buah musiman yang banyak ditemukan sekitar bulan Juli hingga bulan Oktober.

Buah Leci yang Kaya Manfaat Bagi Tubuh

Buah leci memiliki nutrisi tinggi, karena itu leci sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di dalam buah leci terdapat kandungan nutrisi seperti serat larut yang berfungsi untuk melindungi organ pencernaan. Leci merupakan sumber zat antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari ancaman karsiogen dan dapat mencegah kanker, penuaan dini, dan mencegah berbagai penyakit degeneratif lainnya. Karsionogen adalah radikal bebas yang dihasilkan oleh tubuh akibat proses oksidatif. Di sisi lain, leci juga mempunyai sumber utama berupa kalium yang berperan untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

Untuk mengetahui manfaat buah leci secara jelas, berikut ini akan diberikan fakta mengenai manfaat buah leci bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah leci kaya akan kandungan sumber vitamin C, di dalam 100 gram buah leci terdapat sekitar 71,5 mg yang dapat memenuhi kebutuhan RDA (Recommended Daily Allowance) sebesar 119%. Kandungan tersebut berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara melindungi tubuh dari ancaman infeksi suatu penyakit.

2. Melindungi Tubuh Dari Dampak Radikal Bebas

Kandungan vitamin B kompleks, vitamin C, antioksidan dan flavonoid di dalam leci berfungsi untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas, yaitu adanya hasil oksidatif yang disebabkan karena radiasi UV dan polusi. Radikal bebas dapat merusak DNA dan dapat membentuk sel-sel kanker. Kandungan antioksidan di dalam buah leci berperan untuk menetralkan radikal bebas dengan cara bertindak sebagai prisai untuk melindungi kerusakan DNA dan mencegah pembentukan sel-sel kanker.

3. Meningkatkan Pembentukan Darah

Leci mempunyai berbagai sumber nutrisi yang diperlukan untuk membantu pembentukan sel-sel darah merah. Nurisi tersebut berupa zat besi, magnesium, mangan, folat dan tembaga. Selain itu, kandungan vitamin C di dalam leci dapat meningkatkan kapasitas penyerapan zat besi di dalam tubuh.

4. Meningkatkan Metabolisme

Kandungan vitamin B kompleks dan serat tinggi yang terdapat di dalam buah leci sangat bermanfaat untuk meningkatkan proses metabolisme protein, lemak dan karbohidrat. Kandungan seratnya juga berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan dan menyehatkan organ pencernaan.

5. Mencegah Penuaan Dini

Sebagian besar masalah kulit seperti penuaan dini disebabkan karena faktor alam dan peningkatan usia. Namun, penuaan dini banyak disebabkan karena adanya asap, radiasi sinar UV dan polusi. Faktor-faktor tersebut akan menyebabkan proses penuaan lebih cepat dari yang semestinya. Kandungan antioksidan di dalam buah leci berfungsi untuk memperlambat proses penuaan dini.

6. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa kandungan antioksidan dan vitamin C di dalam buah leci dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan kalium di dalam buah leci berperan untuk menjaga tingkat kalium dan mempertahankan tingkat cairan elektrolit di dalam darah. Oleh karena itu kalium dapat mencegah tekanan darah tinggi, sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit stroke dan penyakit jantung.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat tinggi dan nutrisi baik lainnya yang terdapat di dalam leci bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Buah leci dapat mengurangi kolesterol jahat dan dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik di dalam darah. Hal tersebut akan membuat aliran darah menuju jantung menjadi lancar.

Meskipun buah leci memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, penting sekali untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan. Mengonsumsi leci terlalu banyak dapat menyebabkan rasa sakit pada tengorokan, karena leci mempunyai efek panas setelah dikonsumsi.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Buah Leci Kaya Akan Nutrisi yang Bermanfaat Bagi Tubuh"