Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Cepat

Seperti yang kita ketahui rambut adalah mahkota yang paling berharga bagi setiap orang. Dengan memiliki rambut yang sehat dan lebat tentunya menjadi hal yang sangat membanggakan.

Tetapi hal ini akan merubah semua kebanggaan yang kita miliki jika rambut mengalami kerontokan saat disisir. Rambut akan menjadi semakin tipis dan akan mengurangi tingkat kepercayaan diri kita. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Penyebab Rambut Rontok pada Pria

Penyebab Rambut Menjadi Rontok

Rambut rontok menjadi suatu hal yang bisa menjadi masalah yang sangat besar bagi mereka yang mengalaminya. Karena bisa menimbulkan rasa ketidak percayaan diri. Bahkan bisa mengurangi seluruh penampilan orang tersebut.

Rambut bisa dikatakan mengalami kerontokan kalau di setiap harinya hilang lebih dari 100 helai. Ada beberapa hal yang mebuat seseorang mengalami kerontokan rambut.

Penyebab yang pertama adalah karena hormon. Hormon yang bisa membuat rambut menjadi rontok adalah hormon yang bernama Dihidrotesteron (DHT). Tingginya kadar DHT bisa menyebabkan rambut menipis. Hormon DHT ini menyerang rambut laki-laki.

Untuk wanitanya, biasanya rambutnya akan mulai rontok kalau terjadi perubahan hormon. Hormon bisa mengalami perubahan pada saat kehamilan, selama menggunakan alat kontrasepsi maupun pada waktu memasuki masa menopause.

Kerontokan bisa juga terjadi karena kekurangan gizi. Makanan yang kurang sehat, yang buruk kualitasnya dapat membuat rambut seseorang menjadi menipis, akar-akarnya menjadi tidak kuat.

Rambut yang seringsekali mengalami proses kimiawi seperti dicat, diberi hair spray, dikeringkan dengan menggunakan hair dryer maupun diluruskan atau dikeriting juga rentan sekali mengalami kerontokan. Akan mudah sekali patah.

Stres dan obat-obatan yang dikonsumsi oleh seseorang juga bisa menjadi penyebab rontoknya rambut. Seseorang yang sedang menjalani kemoterapi juga bisa membuatnya kehilangan rambut. Demikian tadi sedikit ulasan mengenai hal-hal yang membuat seseorang mengalami rambut rontok.

Sedangakan menurut American Academy of Dermatology menyebutkan bahwa sekitar 80 juta orang yang mengalami rambut rontok secara turun temurun.

Jalan Keluar untuk Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok menjadi masalah yang sangat besar yang harus segera dicarikan jalan keluar untuk mengatasinya. Karena kalau tidak akan dapat mengurangi rasa percaya diri yang kita miliki dan juga akan mengurangi penampilan kita secara keseluruhan.

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi kerontokan rambut. Cara yang pertama adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang memiliki gizi yang baik, yang banyak mengandung protein. Seperti daging sapi, daging ayam dan telur ayam.

Cara yang kedua adalah dengan mengoleskan minyak zaitun atau olive oil ke rambut kita. Kita ambil sebanyak 1 sendok makan. Kita pijat-pijat kira-kira 5 menit. Kita diamkan selama setengah jam. Barulah setelah itu kita bilas dengan air bersih dan keramas dengan menggunakan shampoo.

Hal lain lagi yang dapat menjadi cara untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan memakai masker buah-buahan. Di antaranya alpukat, mangga, pisang, semangka dan melon. Buah-buahan tersebut dapat kita pilih salah satu untuk kita oleskan ke rambut kita, dicampur dengan 1 sendok makan yoghurt.

Teh hijau, daun seledri dan kuning telur juga dapat kita pakai untuk mengatasi kerontokan rambut. Selain minyak zaitun, minyak kemiri juga bisa digunakan untuk mengobati rambut kita yang rontok. Demikian tadi cara-cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi rambut rontok.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Cepat"