Ilmuwan Temukan Fosil Ekor Dinosaurus Berbulu, Diperkiraan Berumur 100 Juta Tahun!

Sebuah jurnal yang diunggah dalam situs Current Biology mengungkap sebuah penemuan fosil ekor dinosaurus berbulu yang diperkirakan berumur sekitar 100 juta tahun oleh seorang ahli paleontologi dari China, Lida Xing.

Lida Xing yang merupakan pemimpin dari penelitian ini adalah lulusan dari Universitas Geoscience, penemuan fosil yang diduga adalah dinosaurus yang berbulu ditemukan pertama kali di pasar batu permata organik di daerah Myitkina, Myanmar.

Fosil Dinosaurus Berbulu dalam Amber
Photo: nationalgeographic

Fosil Dinosaurus berbulu yang ditemukan oleh peneliti dari China ini sudah dalam kondisi dipolse untuk perhiasan yang terawetkan dalam sebuah batu permata organik atau disebut dengan amber, tetapi penjual yang menjual batu tersebut tidak berpikir kalau apa yang dia jual adalah fosil dinosaurus.

Sebelum dilakukan penelitian lebih lanjut atas batu permata yang dijual oleh pedang tersebut, Lida Xing beserta teamnya melakukan penelitian lebih lanjut di tempat pengambilan batu tersebut yaitu di daerah pertambangan di lembah Hukawang, Myanmar Utara.

Dari hasil penelitian tersebut, Lida Xing bisa mendeteksi apakah fosil tersebut adalah fosil dinosaurus atau bukan, dan setelah dilakukan pemeriksaan anatomi terhadap ekor yang terbentuk dalam amber tersebut, Lida Xing bisa memastikan bahwa ekor tersebut adalah milik dinosaurus berbulu bukan ekor dari burung purba.

Penemuan fosil ekor dinosaurus berbulu bukanlah penemuan yang pertama. Sebelumnya seperti yang dikatakan oleh Dr Paul Barret dari Natural History Museum London mengatakan bahwa sebelumnya sudah pernah ditemukan fosil bulu didalam amber tetapi masih dalam bentuk 2 dimensi.

Dan penemuan yang ketiga ini merupakan spesimen baru yang menunjukkan hasil analisa 3 dimensi dari bulu dinosaurus berbulu yang diketahui bernama latin Mesozoikum.

Seorang ahli paleontologi dari Musemum Royal Saskatchewan, Kanada, Ryan McKellar juga menyebutkan bahwa penemuan fosil dinosaurus berbulu di Myanmar oleh ilmuwan China adalah untuk yang pertama kali dari jenisnya.

Diketahui bahwa ukuran dari ekor dinosaurus ini adalah sebesar 1,4 inchi atau sekitar 36 milimeter dengan tulang, daging, kulit, dan bulu masih dalam keadaan utuh. Dan diperkirakan panjang dari dinosaurus berbulu ini hampir seukuran burung gereja yang tidak lebih dari 6 inchi atau sekitar 15 sentimeter.(berbagai sumber)

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Ilmuwan Temukan Fosil Ekor Dinosaurus Berbulu, Diperkiraan Berumur 100 Juta Tahun!"