Mandi Hutan Lagi Tren Di Jepang Lho! Inilah Manfaatnya!

Sekilas mendengar kata mandi maka kita akan mengartikan bahwa Mandi Hutan adalah kegiatan mandi yang dilakukan dihutan, tetapi Anda salah besar, karena Mandi Hutan bukanlah melakukan hal tersebut melainkan kegiatan ini adalah tren yang sedang populer di Jepang.

Istilah Mandi Hutan di Jepang dikenal juga dengan nama Shirin-yoku, jadi ini adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan menghabiskan waktu di hutan yang mana hanya ada pepohonan dan udara segar yang bisa dinikmati. Kegiatan sederhana seperti ini sebenarnya sudah dilakukan oleh Warga Jepang sejak tahun 1980 untuk menunjang kesehatan fisik dan juga menghilangkan stres.

Bahkan Mandi hutan juga pernah dilakukan penelitian akan manfaat yang dihasilkan dengan melakukan hal sederhana ini. Menurut para ahli di Jepang, dengan melakukan mandi hutan, maka seseorang akan lebih mudah untuk menghilangkan stress dan meningkatkan kesehatan fisik.

Beberapa studi pernah dilakukan untuk memeriksa bagaimana aktivitas menghabiskan waktu di hutan ini bisa mempengaruhi kesehatan. Salah satu studi yang pernah dilakukan pada tahun 2007 menyebutkan bahwa pepohonan yang ada di hutan memiliki senyawa phytoncides yang bisa menjadi anti mikroba dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu dengan menghirup senyawa tersebut, bisa mencegah kanker.

Mandi Hutan Bisa Hilangkan Stress

The New York Departement of environmental Convervation juga menyimpulkan dari beberapa studi yang pernah dilakukan untuk melihat efek dari kegiatan mandi hutan, bahwa efek dari kegiatan tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stress, memperbaiki suasana hati yang sedang galau, dan juga bisa menurunkan tekanan darah.

Jadi banyak sekali manfaat yang bisa diambil dengan melakukan aktivitas menghabiskan waktu luang di hutan (Mandi Hutan), tetapi jika Anda tidak bisa melakukan libur akhir pekan ke hutan, Anda bisa mencoba dengan mengunjungi taman kota yang memiliki pepohonan rindang.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Mandi Hutan Lagi Tren Di Jepang Lho! Inilah Manfaatnya!"