Tips Alami Mengobati Sakit Pegal Linu Seluruh Badan

Pegal linu merupakan salah satu masalah yang dapat menganggu kesehatan. Pegal linu atau yang sering disebut dengan nyeri otot merupakan kondisi dimana otot menjadi tegang karena otot terlalu lelah setelah melakukan aktivitas berat seperti latihan keras dan berolahraga.

Selain itu, pegal linu juga bisa terjadi karena adanya kesalahan posisi tubuh ketika mengangkat beban yang berat. Semua kondisi tersebut membuat otot menjadi tegang dan menimbulkan cedera otot seperti pegal linu. Masalah pegal linu biasa terjadi di daerah leher, pundak, dan lengan atas.

Obat Badan Pegal Semua

Masalah pegal linu lebih banyak diatasi dengan cara memijat bagian yang sakit dengan menggunakan salep, balsam, minyak esensial dan krim lainnya. Sebaiknya, tetap gunakan krim sesuai dengan anjuran dokter untuk mencegah terjadinya masalah baru, khususnya bagi mereka yang mempunyai kulit sensitif.

Sangat dianjurkan memilih krim yang lembut dan tidak terlalu panas. Terkadang sebagian orang juga memilih untuk mengatasinya dengan mengonsumsi obat untuk menghilangkan rasa nyeri yang dirasakan, akan tetapi cara ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi obat akan terjadi penumpukan bahan kimia di dalam tubuh.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara alami untuk mengobati pegal linu. Berikut penjelasannya:

1. Kompres Menggunakan Es Batu
Kompreslah bagian tubuh yang mengalami masalah pegal linu menggunakan es batu. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi rasa nyeri dan mengatasi bagian tubuh yang bengkak. Masukkan es batu ke dalam handuk lembut, kemudian kompreskan kepada bagian yang mengalami masalah pegal linu.

2. Bawang Putih
Bawang putih merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang mempunyai zat anti-inflamasi atau anti-peradangan. Kandungan tersebut berperan untuk mengatasi rematik dan arthritis, sehingga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pegal linu. Cara pengobatannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan bawang putih pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

3. Minyak Cengkeh
Sama seperti bawang putih, minyak cengkeh juga berfungsi untuk mengatasi rasa sakit akibat pegal linu. Untuk menggunakannya panasilah minyak cengkeh terlebih dahulu dan oleskan pada bagian tubuh yang sakit ketika hangat.

4. Susu
Mengonsumsi susu secara teratur dianalisis dapat mencegah terjadinya cedera otot termasuk pegal linu. Para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi susu 3 gelas setiap harinya bagi orang yang sering mengalami masalah pegal linu. Kandungan kalsium yang tinggi di dalam susu dapat merilekskan otot dan menguatkan tulang.

5. Pisang
Kandungan potassium di dalam buah pisang berguna untuk mengatasi masalah ketegangan pada otot. Untuk itu buah pisang sangat dianjurkan dikonsumsi bagi mereka yang mengalami masalah pegal linu, konsumsilah pisang 2 hingga 3 buah setiap harinya.

6. Melakukan peregangan sebelum beraktivitas berat
Membiasakan untuk melakukan peregangan sebelum beraktivitas dan sebelum berolahraga merupakan cara yang tepat untuk mengatasi dan mencegah pegal linu. Melakukan peregangan bertujuan untuk memberikan pemanasan pada otot supaya tidak tegang ketika melakukan aktivitas berat. Biasanya, peregangan otot dilakukan selama 10 hingga 15 menit.

Nah, itu tadi informasi mengenai 6 cara alami untuk mengatasi pegal linu. Lakukan cara tersebut secara teratur supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Tetap jagalah kesehatan tubuh karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Cara tersebut aman tanpa menimbulkan dampak buruk untuk dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat sebagai referensi sehat sehari-hari. Selamat mencoba!

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Tips Alami Mengobati Sakit Pegal Linu Seluruh Badan"