Waspada! Virus Herpes Bisa Menyerang Siapa Saja, Kapanpun dan Dimanapun

Jenis penyakit kulit yang ditularkan oleh virus herpes memang tidak terlalu berbahaya namun juga sangat menyiksa. Mengapa bisa begitu? Hal ini disebabkan karena virus herpes dapat menyerang permukaan kulit di bagian tubuh manapun.

Selain itu, herpes juga menimbulkan gejala-gejala yang sangat tidak menyenangkan yaitu bentol-bentol merah seperti kulit melempuh dan mengandung air. Penderita herpes akan mengalami rasa gatal yang luar biasa serta disertai rasa sedikit panas pada permukaan kulit.

Akan tetapi, penderita tidak boleh menggaruknya karena akan menyebabkan air pada kulit pecah. Jika air tersebut terkena bagian tubuh yang lain, maka permukaan kulitnya juga akan tertular herpes.

Macam-Macam Jenis Herpes

Foto Virus Herpes Zooster Pada Tangan
Virus Herpes Zooster pada Tangan

Sebenarnya penyakit herpes yang sering menyerang masyarakat bisa dibagi menjadi dua macam yaitu herpes genital --atau juga dikenal dengan herpes simpleks-- dan herpes zooster.

Herpes Genital adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh Virus Simplex menyerang alat kelamin dan biasanya menular melalui kontak langsung seperti lewat hubungan seks. Jenis herpes yang satu ini sendiri dikelompokkan dalam dua jenis, untuk penyakit herpes yang menyerang area bibir masuk dalam kelompok HSV-1, sedangkan jika penyakit ini menyerang bagian genital masuk dalam kelompok HSV-2. (Baca juga: Cara Mengobati Herpes pada Bibir)

Kemudian ada herpes zooster yang dominan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang disebabkan oleh Virus Varicella Zooster. Herpes zooster sendiri dapat muncul di berbagai bagian tubuh seperti sekitar mata, bibir, dagu, lengan, leher, dll. Dan biasa menyerang pada mereka yang sudah memiliki umur diatas 50 tahun tetapi tidak menutup kemungkinan dibawah umur 50 tahun bisa terkena jika sistem imun menurun.

Bagiamana Cara Mencegahnya?

1. Jagalah Kebersihan Tubuh dan Lingkungan
Menjaga kebersihan tubuh adalah langkah pertama agar tidak tertular virus herpes yaitu dengan mandi dengan teratur, menggunakan sabun antiseptik, mengenakan pakaian bersih, dll. Kebersihan lingkungan juga patut untuk diperhatikan seperti rajin menguras bak mandi, mencuci handuk mandi, membersihkan kamar dll.

2. Menghindari Orang yang Terkena Herpes
Jika ada salah satu keluarga, kerabat, atau teman yang terkena virus herpes, lebih baik anda menjaga jarak terlebih dahulu. Bukan berarti harus menjauhinya, tetapi usahakan jangan terlibat kontak langsung yaitu bersentuhan dengan bagian tubuh penderita.

3. Pola Hidup Sehat
Karena penyakit herpes disebarkan oleh virus, maka anda harus menjaga pola hidup sehat agar sistem imun di dalam tubuh meningkat.

4. Lakukan Seks Sehat
Bagi orang dewasa, sebaiknya lakukan hubungan seks dengan sehat yaitu dengan tidak berganti-ganti pasangan. Jangan melakukan hubungan tersebut saat sedang sakit atau terkena penyakit tertentu agar meminimalisir penularan virus herpes.

5. Jangan Berbagi Peralatan Pribadi
Untuk menghindari tertularnya penyakit herpes disarankan untuk tidak berbagi peralatan pribadi seperti peralatan make-up, pencukur jenggot, handuk, sikat gigi, atau pun peralatan pribadi lainnya.

6. Berciuman dengan Bertukar Air Liur
Virus yang satu ini bisa menyebar ke orang lain dengan berciuman. Hal ini tidak akan diketahui jika pengidap penyakit herpes belum memunculkan tanda-tanda, tetapi untuk memastikan kesehatan diri Anda sendiri, jangan melakukan ciuman dari mulut ke mulut apalagi sampai bertukar air liur.

Cara Mengobatinya Secara Alami

tanaman waru landak
Tanaman Waru Landak

Anda juga dapat melakukan penanganan pertama sebelum mengunjungi dokter kulit. Berikut ini ada beberapa tips alami mengobati penyakit herpes.
  1. 1. Teh Hijau
  2. Jika anda penggemar the hijau kemasan maka jangan tergesa-gesa untuk membuang kantung ampas tehnya. The hijau dapat dugunakan untuk mengobati penyakit herpes dengan cara mengompres kulit yang terinfeksi.
  3. 2. Es Batu
  4. Es batu juga dapat digunakan untuk memberikan rasa dingin sehingga akan meredakan rasa gatal dan panas kulit yang terkena herpes.
  5. 3. Daun Waru Landak
  6. Anda dapat menggunakan daun waru landak sebagai obat tradisional penyakit herpes yaitu dengan cara menumbuk beberapa helai daunnya hingga halus. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada kulit yang terinfeksi dan diamkan hingga beberapa menit.

Jika pada akhirnya anda tertular virus herpes dan semakin hari semakin parah, maka sebaiknya anda pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda sekarang untuk mendapatkan artikel terbaru dari DetiaBlog

Load comments

0 Response to "Waspada! Virus Herpes Bisa Menyerang Siapa Saja, Kapanpun dan Dimanapun"